KAJIAN PERBANDINGAN KARAKTERISTIK POLA PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR PERMUKIMAN PADAT TINGGI DAN PADAT RENDAH (Kasus di Kelurahan Danukusuman dan Mojosongo Kota Surakarta)

Sari, Wahyu Putri Nur Indah (2015) KAJIAN PERBANDINGAN KARAKTERISTIK POLA PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR PERMUKIMAN PADAT TINGGI DAN PADAT RENDAH (Kasus di Kelurahan Danukusuman dan Mojosongo Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (805Kb) | Preview

    Abstract

    Surakarta mempunyai 5 (lima) kecamatan dimana kecamatan dengan kepadatan tertinggi adalah Serengan dan kecamatan dengan kepadatan terendah adalah Jebres. Di Serengan terdapat satu kelurahan dengan kepadatan tertinggi yaitu Danukusuman, sedangkan Mojosongo adalah kelurahan dengan kepadatan terendah di Kecamatan Jebres. Perbedaan kepadatan permukiman dapat menimbulkan perbedaan kegiatan masyarakat yang tinggal di lokasi tersebut. Hal ini juga dapat berpengaruh terhadap kebutuhan dan pola penyediaan infrastruktur permukiman (variasi aktor dan detail kerjasama). Oleh karena itu, kajian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan karakteristik pola penyediaan infrastruktur permukiman padat tinggi dan rendah di Kelurahan Danukusuman dan Mojosongo. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan beberapa langkah yakni analisis perbandingan karakteristik lokasi permukiman baik dari segi fisik, ekonomi maupun sosial budaya, lalu dilakukan analisis perbandingan karakteristik infrastruktur yang tersedia berdasar SNI. Langkah terakhir adalah analisis untuk mendeksripsikan dan membandingkan pola penyediaan infrastruktur permukiman di Danukusuman dan Mojosongo. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara permukiman padat tinggi (Danukusuman) dan permukiman padat rendah (Mojosongo) baik dari segi karakter lokasi, karakteristik infrastruktur dan pola penyediaannya. Sedikit perbedaan ditemukan pada tingkat ekonomi dan penyediaan IPAL komunal yang langsung dipengaruhi oleh kepadatan permukiman, sedangkan perbedaan pola penyediaan air bersih lebih dipengaruhi oleh karakter lokasi/karakter fisik permukiman. Kata Kunci : padat tinggi dan rendah, Infratsruktur permukiman, pola penyediaan infrastruktur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 21 Sep 2015 18:34
    Last Modified: 21 Sep 2015 18:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19413

    Actions (login required)

    View Item