Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Ditinjau dari Kerjasama Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Kartasura

Prastiwi, Kiki Dyah (2019) Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Ditinjau dari Kerjasama Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Kartasura. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (342Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kiki Dyah Prastiwi. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DITINJAU DARI KERJASAMA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 KARTASURA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Treffinger melalui metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Usaha dan Energi, (2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kemampuan kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Usaha dan Energi, (3) ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger dan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan sampel yang terpilih yakni kelas X MIA 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 5 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, teknik tes, dan teknik angket. Kajian dokumen berupa nilai Ulangan Akhir Semester Ganjil. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif Fisika siswa setelah pembelajaran Fisika materi Usaha dan Energi. Teknik angket digunakan untuk memperoleh data kemampuan kerjasama siswa. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan dengan isi sel tak sama. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Treffinger melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobservasi = 4,139 > Ftabel = F0,05;1;68 =3,98), (2) Ada perbedaan pengaruh antara kemampuan kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (Fobservasi = 7,6766 > Ftabel = F0,05;1;68 = 3,98), (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger dan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif siswa (Fobservasi = 0,2089 < Ftabel = F0,05;1;68 =3,98). Kata kunci : Model Pembelajaran Treffinger, metode eksperimen, metode demonstrasi,kemampuan kognitif,kemampuan kerjasama siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 21 Sep 2015 15:58
    Last Modified: 24 Jan 2019 16:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19405

    Actions (login required)

    View Item