PENGGUNAAN STRATEGI DIRECTED-READING-THINKINGACTIVITY (DRTA) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V SDN 5 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015

LESTARI, NENIK (2015) PENGGUNAAN STRATEGI DIRECTED-READING-THINKINGACTIVITY (DRTA) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V SDN 5 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1019Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nenik Lestari. PENGGUNAAN STRATEGI DIRECTED-READINGTHINKING- ACTIVITY (DRTA) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V SDN 5 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2015. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang tepat penggunaan strategi Directed-Reading-Thinking-Activity (DRTA) dengan media gambar dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015, (2) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan strategi Directed- Reading-Thinking-Activity (DRTA) dengan media gambar pada siswa kelas V SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015, dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan strategi Directed-Reading-Thinking-Activity (DRTA) dengan media gambar dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 5 Kebumen yang berjumlah 27 siswa. Data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data melalui analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan strategi Directed- Reading-Thinking-Activity (DRTA) dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015 jika dilaksanakan menggunakan langkah: (a) persiapan, (b) penyajian materi, (c) pembagian kelompok, (d) prediksi cerita anak, (e) penyajian media gambar, (f) diskusi, (g) penguatan jawaban siswa, (h) pembahasan materi diskusi, (i) pembuatan ringkasan, (j) penyimpulan; (2) penggunaan strategi Directed- Reading-Thinking-Activity (DRTA) dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan persentase ketuntasan hasil tes tertulis pada siklus I adalah 59,26%, siklus II adalah 96,30%, dan siklus III adalah 96,30%; (3) kendala dalam penelitian ini adalah siswa kurang tertib dalam berdiskusi dan mengalami kesulitan membuat prediksi. Solusinya yaitu guru memberikan petunjuk diskusi yang jelas dan guru membimbing siswa dalam membuat prediksi. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan strategi Directed-Reading- Thinking-Activity (DRTA) dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Directed-Reading-Thinking-Activity (DRTA), gambar, membaca pemahaman

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 21 Sep 2015 16:01
    Last Modified: 21 Sep 2015 16:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19404

    Actions (login required)

    View Item