UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII.4 SMP NEGERI 1 KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NINGSIH, DEBBY SURYO (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII.4 SMP NEGERI 1 KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (782Kb) | Preview

    Abstract

    Debby Suryo Ningsih. UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII.4 SMP NEGERI 1 KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Klirong tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan SAVI pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Klirong tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Validitas data dari hasil belajar siswa dilakukan validitas isi sebelum digunakan. Sedangkan untuk keaktifan belajar siswa digunakan triangulasi sumber. Dari hasil observasi pada siklus I diperoleh rata-rata persentase keaktifan siswa mencapai 64,79% dengan persentase kegiatan visual sebesar 75,46%, kegiatan lisan 47,06%, kegiatan mendengarkan 76,26%, kegiatan menulis 52,66% dan kegiatan motorik 72,5%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata persentase keaktifan siswa sebesar 17,62% menjadi 82,41% dengan persentase kegiatan visual sebesar 87,92%, kegiatan lisan 75,81%, kegiatan mendengarkan 91,91%, kegiatan menulis 75,24% dan kegiatan motorik 81,19%. Sedangkan dari hasil tes pada siklus I, persentase ketuntasan siswa sebesar 70,00% dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 13,33% menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Klirong tahun pelajaran 2013/2014 pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Hal ini dikarenakan dalam model pembelajaran tersebut memberi kesempatan pada siswa untuk aktif berdiskusi dalam kelompok, berani mengemukakan pendapat, jawaban dan mengajukan pertanyaan, serta mempresentasi hasil diskusi di depan kelas. Dengan presentasi hasil diskusi, dapat merespon siswa dari kelompok lain untuk menanggapi, memberikan masukan, atau bertanya pada kelompok tersebut. Beberapa permasalahan yang muncul melalui pertanyaan yang diajukan memicu siswa untuk berusaha lebih memahami materi agar nantinya dapat menjawab pertanyaan sehingga berdampak pada peningkatan pemahaman siswa terhadap suatu materi. Kata kunci: Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan SAVI, keaktifan siswa, hasil belajar siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 20 Sep 2015 17:52
    Last Modified: 20 Sep 2015 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19384

    Actions (login required)

    View Item