Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Dan Team Assisted Individualization (Tai) Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Semester Gasal Smp Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Putri, Danik Pradipta (2014) Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Dan Team Assisted Individualization (Tai) Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Semester Gasal Smp Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (530Kb) | Preview

    Abstract

    Danik Pradipta Putri. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 5 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2014. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), Team Assisted Individualization (TAI) atau Model Pembelajaran Langsung (MPL). (2) Untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, atau rendah. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3a) Untuk mengetahui pada masing-masing tingkat model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), Team Assisted Individualization (TAI) dan Model Pembelajaran Langsung (MPL), manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah. (3b) Untuk mengetahui pada masing-masing tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah, manakah yang menghasilka prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), Team Assisted Individualization (TAI) atau Model Pembelajaran Langsung (MPL). Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu dengan menggunakan rancangan faktorial sederhana 3×3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Karanganyar yang terdiri dari 8 kelas dengan banyak siswa 256. Sampel yang digunakan adalah 96 siswa, yang diambil dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jaten, Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data nilai mid semester gasal kelas VII tahun ajaran 2013/2014, metode angket untuk data motivasi belajar matematika siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial. Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan statistik uji F dan metode Bartlett dengan statistik uji Chi Kuadrat. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dan Team Assisted Individualization (TAI) menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada Model Pembelajaran Langsung (MPL), sedangkan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) menghasilkan prestasi yang sama baiknya dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi aritmatika sosial. (2) Siswa dengan motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi yang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan motivasi belajar sedang menghasilkan prestasi yang lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah pada materi aritmatika sosial. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3a) Pada model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), siswa dengan motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi yang sama baiknya dengan siswa dengan motivasi belajar sedang, sedangkan siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi belajar rendah pada materi aritmatika sosial. Pada model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), siswa dengan motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi yang sama baiknya dengan siswa dengan motivasi belajar sedang, sedangkan siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi belajar rendah pada materi aritmatika sosial. Pada Model Pembelajaran Langsung (MPL), siswa dengan motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi belajar sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan motivasi belajar sedang menghasilkan prestasi yang sama baiknya dengan siswa dengan motivasi belajar rendah pada materi aritmatika sosial. (3b) Pada siswa dengan motivasi belajar tinggi, siswa yang diberikan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), Team Assisted Individualization (TAI), dan Model Pembelajaran Langsung (MPL) menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya. Pada siswa dengan motivasi belajar sedang, siswa yang diberikan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) menghasilkan prestasi yang sama baiknya dengan siswa yang diberikan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dan Model Pembelajaran Langsung (MPL), sedangkan siswa yang diberikan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) akan menghasilkan prestasi yang lebih baik dibanding siswa yang diberikan Model Pembelajaran Langsung (MPL). Pada siswa dengan motivasi belajar rendah, siswa yang diberikan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), Team Assisted Individualization (TAI), dan Model Pembelajaran Langsung (MPL) menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 20 Sep 2015 16:02
    Last Modified: 20 Sep 2015 16:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19373

    Actions (login required)

    View Item