SOSIALISASI BUKU PROFIL PARIWISATA TERHADAP MASYARAKAT DAN PENGUSAHA INDUSTRI PARIWISATA UNTUK MENINGKATAN WAWASAN KEPARIWISATAAN DI KABUPATEN KARANGANYAR

JUNIARTO, DANANG (2014) SOSIALISASI BUKU PROFIL PARIWISATA TERHADAP MASYARAKAT DAN PENGUSAHA INDUSTRI PARIWISATA UNTUK MENINGKATAN WAWASAN KEPARIWISATAAN DI KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (803Kb) | Preview

    Abstract

    Danang Juniarto. 2011. C9411012. Sosialisasi Buku Profil Pariwisata Terhadap Masyarakat dan Pengusaha Industry Pariwisata Untuk Meningkatkan Wawasan Kepariwisataan Di Kabupaten Karanganyar.Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Laporan tugas akhir ini menguraikan tentang sosialisasi buku profil pariwisata terhadap masyarakat dan pengusaha industry pariwisata yang ada di Kabupaten Karanganyar.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media sosialisai buku profil pariwisata sebagai media promosi serta meningkatkan wawasan kepariwisataan terhadap masyarakat dan pengusaha industry pariwisata di Kabupaten Karanganyar. Penulisan laporan ini menggunakan metodedeskriptif kualitatif, sehingga data-data yang tersaji dalam laporan ini menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen yang dilakukan di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi buku profil pariwisata sangatlah berpengaruh besar terhadap kepariwisataan Karanganyar, khususnya sebagai media promosi pariwisata dan untuk meningkatkan wawasan terhadap masyarakat dan pengusaha industry pariwisata di Karanganyar. Berbagai macam informasi pariwisata di dalam buku profil pariwisata telah terbukti ada dan dapat tersosialisasikan secara baik ke masyarakat dan pengusaha industry pariwisata. Upaya yang dilakukan oleh Disparbud Karanganyar untuk mensosialisasikan buku profil pariwisata adalah dengan memberikan buku profil pariwisata ke beberapa pengusaha industry pariwisata dan mensosialisasikan secara langsung ke masyarakat dengan melakukan kegiatan sadar wisata. Dengan sosialisai secara baik diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya pengembangan pariwisata bagi kehidupan sehari – hari yang berdampak mengangkatnya perekonomian masyarakat dan pemerintah setempat. Kesimpulan yang dapat diambil dari penilitian ini adalah Buku profil pariwisata dibuat sebagai tugas dari Disparbud Karanganyar agar dapat disosialisasikan ke masyarakat guna sebagai sarana promosi pariwisata dan untuk meningkatkan wawasan masyarakat dan pengusaha industry pariwisata. Sosialisasi buku profil pariwisata di Karanganyar berfungsi membuka peluang usaha baru di sektor pariwisata karena sosialisasi ini memberikan informasi tentang potensi kepariwisataan di Karanganyar. Penyebaran atau sosialisasi buku profil pariwisata kepada masyarakat berdampak meningkatnya wisatawan yang berkunjung di daerah obyek wisata Karanganyar dan bertambahnya pengusaha di sektor industry pariwisata. Kata Kunci :Sosialisasi Buku Profil Pariwisata, Proses Sosialisasi Buku Profil Pariwisata dan Pengembangan Buku Profil Pariwisata.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 20 Sep 2015 11:10
    Last Modified: 20 Sep 2015 11:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19369

    Actions (login required)

    View Item