Analisis Sektor Unggulan Dan Potensi Pembangunan Ekonomi Daerah (Studi Kasus Tingkat Kecamatan Di Kabupaten Karanganyar Tahun 2007-2011)

Diona, Clarisa (2014) Analisis Sektor Unggulan Dan Potensi Pembangunan Ekonomi Daerah (Studi Kasus Tingkat Kecamatan Di Kabupaten Karanganyar Tahun 2007-2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (329Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor unggulan dan potensi pembangunan ekonomi daerah tiap kecamatan di Kabupaten Karanganyar dengan menganalisis sektor basis, perubahan dan perkembangan struktur ekonomi beserta pertumbuhan sektor-sektor perekonomian, sektor unggulan yang dapat dikembangkan, lokasi pusat pelayanan dan pusat pertumbuhan ekonomi, dan arah pengembangan sektor unggulan tingkat kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan analisis data sekunder Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. Penelitian ini menggunakan alat analisis Location Quotient, Shift Share, gabungan Location Quotient dengan Shift Share dan Skalogram. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan analisis Location Quotient, sektor basis yang mendominasi di tingkat kecamatan adalah Sektor Listrik, Gas dan Air (15 Kecamatan), Sektor Pertanian, Sektor Bangunan dan Sektor Jasa-jasa (13 Kecamatan), Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran (12 Kecamatan), Sektor Pertambangan serta Sektor Angkutan dan Komunikasi (6 Kecamatan), Sektor Keuangan dan Persewaan (5 Kecamatan) dan Sektor Industri (3 kecamatan). Untuk hasil analisis Shift Share menunjukkan bahwa terjadi perubahan struktur ekonomi dipengaruhi oleh pertumbuhan PDRB Kabupaten Karanganyar, Keunggulan Kompetitif bernilai positif dan Bauran Industri bernilai negatif. Pertumbuhan sektor perekonomian 14 Kecamatan termasuk ke dalam kelompok progresif (maju) dan 3 Kecamatan termasuk lamban. Terdapat 10 kecamatan yang memiliki pertumbuhan yang cepat dan daya saing yang lebih baik dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lainnya. Berdasarkan hasil analisis gabungan Location Quotient dan Shift Share sektor yang mendominasi dengan nilai LQ (+) dan SS (+) lebih banyak dibandingkan dengan sektor lainnya yaitu Sektor Pertanian, sehingga dapat dikatakan sebagai sektor unggulan. Kemudian hasil analisis skalogram menunjukkan lokasi pusat pelayanan dan pusat pertumbuhan ekonomi yang mampu menggerakkan kawasan sekitarnya yaitu Kecamatan Karanganyar. Melalui hasil analisis LQ, SS dan Skalogram yang menjadi arah pengembangan potensi pembangunan ekonomi daerah adalah Sektor Pertanian. Mengacu pada hasil analisis tersebut, maka diajukan beberapa saran terhadap kebijakan sektor unggulan dan pengembangan potensi pembangunan ekonomi daerah di Kabupaten Karanganyar yaitu Pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar diharapkan mampu membuat perencanaan kebijakan pembangunan yang efektif serta mempertahankan sektor unggulan tanpa mengabaikan sektor-sektor lain yang belum unggul. Untuk sektor-sektor yang potensial sebaiknya bisa lebih ditingkatkan agar dapat menjadi sektor unggulan pada tahun yang akan datang. Pihak pemerintah daerah hendaknya juga memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki untuk memperbaiki sektor-sektor lainnya guna pembangunan ekonomi daerah lebih baik pada masa yang akan datang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 20 Sep 2015 10:20
    Last Modified: 20 Sep 2015 10:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19367

    Actions (login required)

    View Item