ANALISIS SERAT OPTIK MULTIMODE INFICORE 300 TERBENGKOKKAN UNTUK APLIKASI PENIMBANGAN BEBAN KENDARAAN BERJALAN (WEIGH IN MOTION)

Hidayat, Wahyu (2015) ANALISIS SERAT OPTIK MULTIMODE INFICORE 300 TERBENGKOKKAN UNTUK APLIKASI PENIMBANGAN BEBAN KENDARAAN BERJALAN (WEIGH IN MOTION). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (594Kb) | Preview

    Abstract

    Tesis ini berisi analisis tentang pengujian prototipe sensor penimbangan beban kendaraan yang sedang berjalan dengan menggunakan konfigurasi silinder rubber berulir yang diberi lilitan serat optik jenis multimode INFICORE 300. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sensor penimbangan beban kendaraan berjalan yang dibuat dari serat optik yang terlilit dan mengetahui pengaruh kecepatan terhadap perubahan intensitas cahaya yang terdapat pada sensor penimbangan beban kendaraan berjalan (WIM). Pengujian konfigurasi silinder rubber berulir dimulai dari pengujian jari-jari kritis, pengujian histerisis dan dilanjutkan dengan pengujian pergeseran terhadap transmitansi dan loss. Dari pengujian jari-jari kritis didapatkan hasil bahwa pada daerah dengan diameter 1 cm. 1,5 cm, 2 cm dan 2,5 cm merupakan daerah sensitifitas terbaik. Sementara itu pengujian histerisis loss di daearah diameter 1 cm, 1,5 cm, 2 cm dan 2,5 cm dengan pergeseran 0,25 cm, 0,5 cm dan 0,75 cm menghasilkan nilai perubahan loss pada saat diberi tekanan dan saat tekanan dihilangkan secara bertahap dalam batas-batas ketelitian eksperimen adalah sama. Dan pengujian pergeseran terhadap transmitansi dan loss pada diameter 1 cm. 1,5 cm, 2 cm dan 2,5 cm dengan lilitan 1 - 4 mendapatkan hasil bahwa semakin kecil diameter maka semakin besar nilai loss dan semakin kecil nilai transmitansinya sedangkan semakin besar diameter maka menyebabkan semakin besar nilai transmitansi dan semakin kecil nilai loss. Sedangkan Pengaruh perubahan kecepatan terhadap perubahan intensitas cahaya dalam penelitian ini yaitu semakin besar kecepatan maka nilai perubahan transmitansi akan semakin kecil dan semakin kecil kecepatan akan menyebabkan perubahan nilai transmitansi semakin besar serta posisi penempatan beban tidak mempengaruhi nilai total gaya berat tetapi beban yang diberikan pada kendaraan yang berjalan akan terdistribusi secara merata pada masing-masing sumbu roda kendaraan. Sedangkan posisi penempatan akan mempengaruhi persentase berat yang terdistribusi pada masing-masing sumbu kendaraan. Kata kunci : Sensor, WIM, Transmitansi Cahaya, Loss, Kecepatan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Fisika
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 20 Sep 2015 01:00
    Last Modified: 20 Sep 2015 01:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19362

    Actions (login required)

    View Item