TINJAUAN TENTANG RINGANNYA PIDANA SEBAGAI MATERI MEMORI BANDING PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI GUNUNG SUGIH DALAM PERKARA PERKOSAAN (STUDI PUTUSAN NOMOR: 113/Pid/2011/PTTK)

Hartono, Wahyu Agus (2015) TINJAUAN TENTANG RINGANNYA PIDANA SEBAGAI MATERI MEMORI BANDING PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI GUNUNG SUGIH DALAM PERKARA PERKOSAAN (STUDI PUTUSAN NOMOR: 113/Pid/2011/PTTK). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (419Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pengajuan memori banding terhadap Putusan Pengadilan Negeri Gunung Sugih oleh Penuntut Umum yang memuat materi ringanya pidana dalam perkara perkosaan sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP dan untuk mengetahui pertimbangan hukum Hakim Pengadilan Tinggi Tanjung Karang dalam menerima permohonan banding Penuntut Umum terhadap Putusan Pengadilan Negeri Gunung Sugih dalam perkara perkosaan memenuhi ketentuan KUHAP. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian hukum normatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus dan bersifat preskriptif. Jenis sumber bahan hukum meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan studi dokumen. Teknik analisis bahan hukum secara deduksi silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa ringannya pidana sebagai materi memori banding Penuntut Umum terhadap Putusan Pengadilan Negeri Gunung Sugih dalam perkara perkosaan sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP. KUHAP tidak mengatur secara terperinci tentang ringanya pidana sebagai alasan banding. Menurut penulis alasan ini sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 67 jo Pasal 237 KUHAP. Ringannya putusan pidana yang dijatuhkan pada terdakwa Ujang Abidin Bin Slamet Riyanto merupakan bagian dari masalah kurang tepatnya penerapan hukum oleh hakim Pengadilan Negeri Gunung Sugih dalam memutus perkara perkosaan. Bahwa pertimbangan hukum Hakim Pengadilan Tinggi Tanjung Karang dalam menerima permohonan banding Penuntut Umum terhadap putusan Pengadilan Negeri Gunung Sugih dalam perkara perkosaan memenuhi ketentuan KUHAP. Walaupun pada dasarnya KUHAP tidak mengatur secara rinci tentang beberapa Alasan Hukum yang dipergunakan oleh Hakim Pengadilan Tinggi Tanjung Karang. Akan tetapi, tidak ada alasan hukum Hakim Pengadilan Tinggi Tanjung Karang yang menyimpang dari ketentuan KUHAP dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Kata kunci: Ringanya pidana, Memori Banding, Perkosaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 20 Sep 2015 00:34
    Last Modified: 20 Sep 2015 00:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19357

    Actions (login required)

    View Item