PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT)PADAANAK KELOMPOK A TK SIWI PENI XI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Wahdaniah, (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT)PADAANAK KELOMPOK A TK SIWI PENI XI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (277Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A TK Siwi Peni XI Surakarta melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) . Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakandalamduasiklus. Masing-masingsiklusterdiridariduapertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A TK Siwi Peni XI Surakarta Tahun Pelajaran 2013/24014. Sumber data pada penelitian ini adalah anak-anak kelompok A TK Siwi Peni XI Surakarta denganjumlah 9 anak yang terdiridari 3 putradan 6 putridan guru kelas, aktivitas dalam proses pembelajaran, video proses pembelajaran, arsip tentang program tahunan TK sedangkan data dalam penelitian ini adalah hasil tes (unjuk kerja), hasil pengamatan pelaksanaan proses (hasil observasi), dokumen yang berupa foto kegiatan siswa, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan hasil wawancara dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tenikanalisis data yang menggunakananalisisiinteraktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Siwi Peni XI Surakarta. Hal ini dilihat dari hasilprasiklus 2 anakatau 22.2% mendapatkannilaituntasdalamkemampuanberbicara, pada siklus I jumlah anak yang mengalami peningkatan pada kemampuan berbicara menjadi 4 anak atau 44,4% sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan kemampuan berbicara dengan jumlah 4 anak menjadi 8 anak atau 88,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Siwi Peni XI Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci: Kemampuan berbicara, Kooperatif, Team Games Tournament (TGT),

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 20 Sep 2015 00:28
    Last Modified: 20 Sep 2015 00:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19356

    Actions (login required)

    View Item