POTENSI KERENTANAN INTRINSIK AIRTANAH TERHADAP KONTAMINAN DAERAH TANGKAPAN AIR MATAAIR KAKAP DENGAN METODE EPIK TAHUN 2014 (Untuk Pengayaan Substansi Pembelajaran Geografi Pada Kompetensi Dasar Hubungan Antara Manusia Dengan Lingkungan Akibat Dari Dinamika Hidrosfer)

Prayogo, Gogo (2015) POTENSI KERENTANAN INTRINSIK AIRTANAH TERHADAP KONTAMINAN DAERAH TANGKAPAN AIR MATAAIR KAKAP DENGAN METODE EPIK TAHUN 2014 (Untuk Pengayaan Substansi Pembelajaran Geografi Pada Kompetensi Dasar Hubungan Antara Manusia Dengan Lingkungan Akibat Dari Dinamika Hidrosfer). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (483Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitan ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kelas kerentanan intrinsik air tanah di DTA Kakap dengan metode EPIK, (2) menganalisis kualitas airtanah untuk air minum di DTA Mataair Kakap. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan keruangan.Data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan uji laboratorium, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel sesuai dengan tujuan. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan menjadi dua hal (1) Kelas kerentanan intrinsi airtanah di DTA Mataair Kakap terbagi menjadi tiga kelas kerentanan yaitu kelas kerentanan sangat tinggi dengan luas 67,14 Ha atau 2,48%. Kelas kerentanan tinggi dengan luas 1970,28 Ha atau 72,99%. Kelas kerentanan sedang dengan luas 663,29 Ha atau 24,53%. Parameter yang paling berpengaruh pada masing-masing kelas kerentanan adalah paramter perkembangan epikarst dan kondisi infiltrasi. (2) Berdasarkan uji sampel air dari DTA Mataair Kakap dengan dasar Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Persyarakatan Kualitas Air Minum, semua parameter yang diuji masih di bawah ambang batas yang diperbolehkan, kecuali parameter e.coli, coliform, kadmium dan kekeruhan. Walau ada parameter yang melebihi ambang batas namun masih aman bagi kesehatan jika diolah dan dimasak terlebih dahulu. Kata kunci: Kerentanan Airtanah, Kualitas Air untuk Air Minum

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 19 Sep 2015 17:59
    Last Modified: 19 Sep 2015 17:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19350

    Actions (login required)

    View Item