UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN (STUDI DI KPP PRATAMA KARANGANYAR TAHUN 2013)

Kusuma, Gilang Handa (2014) UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN (STUDI DI KPP PRATAMA KARANGANYAR TAHUN 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (371Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah mengetahui solusi yang dilakukan KPP Pratama Karanganyar untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam meningkatkan kesadaran Wajib Pajak Orang Pribadi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, sumber data dan teknik pembahasan. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sumber data adalah data primer dan sekunder dengan teknik pembahasan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah informasi materi yang disampaikan KPP Pratama dalam kegiatan penyuluhan perpajakan selalu sesuai dengan peraturan yang terbaru. Masyarakat tidak memiliki respon positif terhadap kegiatan penyuluhan pajak dan tenaga penyuluh pajak. Kesimpulannya adalah kurangnya respon dari masyarakat terhadap penyuluhan pajak, namun jumlah WP yang terdaftar di KPP Pratama tetap bertambah. Pertumbuhan jumlah WP dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 sebesar 22.236, sedangkan WP efektif mengalami kenaikan sebesar 0,54% atau Rp 133.954.318. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran, yaitu dalam melakukan Kegiatan penyuluhan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Wajib Pajak dalam membayar pajak haruslah terencana sehingga kegiatan penyuluhan menjadi suatu proses yang terstruktur, terarah, terukur dan berkesinambungan. Kata kunci: WajibPajak, Kesadaran, Penyuluhan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 19 Sep 2015 15:24
    Last Modified: 19 Sep 2015 15:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19346

    Actions (login required)

    View Item