PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA AJAR KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH MAHASISWA SEMESTER III AKPER BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO

WAHYUNINGSIH, BINARTI DWI (2015) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA AJAR KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH MAHASISWA SEMESTER III AKPER BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1556Kb) | Preview

    Abstract

    BINARTI DWI W, S 541202023. PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATA AJAR KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH MAHASISWA SEMESTER III (AKADEMI KEPERAWATAN KEPERAWATAN BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO)Tesis: Pendidikan Profesi Kesehatan Program Pascasarjana Magister Kedokteran Keluarga Universitas Sebelas Maret Surakarta 2013. Latar Belakang : Kemampuan berfikir kritis itu akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, juga perlu motivasi yang baik dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh instansi pendidikan dimana tempat mahasiswa belajar. Tujuan Penelitian :Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning dengan Cooperative Learning terhadap motivasi dan kemampuan berfikir Kritis pada mata ajar Keperawatan Medikal Bedah Metode : Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain true eksperimental.dilaksanakan di AKPER Bina Sehat PPNI Kab Mojokerto. Terdiri dari 121 responden dengan teknik Randomized control trial sampling Instrumen penelitian berbentuk kuesioner. Yaitu tentang motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis.Analisis data menggunakan Uji Analisis Kruskall wallis dan untuk membandingkan antar kelompok menggunakan Mann Whitney. Hasil Penelitian: Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran problem based learning dan cooperative learning terhadap motivasi belajar ditunjukkan dengan uji Kruskal Wallis dengan nilai signifikan (p < 0,016) sedangkan kemampuan berfikir kritis hasil uji kruskall Wallis menunjukkan nilai (p < 0,00 ) pada mahasiswa Akademi Keperawatan Bina Sehat PPNI kabupaten Mojokerto.Setelah beberapa variable penelitian dilakukan uji statistic Mann Whitney dengan hasil pada kemampuan berfikir kritis terdapat perbedaan pengaruh yang secara statistic signifikan antara metode pembelajaran Problem Based Learning dengan Konvensional terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan (p < 0,00), sedangkan Motivasi pembelajaran terdapat perbedaan pengaruh yang secara statistic signifikan antara metode pembelajaran Problem based learning dengan Cooperatif Learning (p < 0,005). Kesimpulan : Ada perbedaan pengaruh yang secara statistic signifikan pada metode pembelajaran Problem Based learning dan Cooperative Learning terhadap kemampuan berfikir kritis.Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata ajar Keperawatan Medikal Bedah Akper Bina Sehat PPNI Mojokerto Kata kunci: metode pembelajaran,problem based learning,cooperatif learning,konvensional,motivasi belajar,kemampuan berfikir .

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    R Medicine > RT Nursing
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 19 Sep 2015 14:03
    Last Modified: 19 Sep 2015 14:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19339

    Actions (login required)

    View Item