Gambaran Penerapan Behavior Based Safety (Bbs) Dengan Menggunakan Metode Safety Culture Maturity Model (Scmm) Dalam Upaya Mencapai Zero Accident Di Pt. Pupuk Kalimantan Timur Bontang

Arifah, Bekti Nur (2014) Gambaran Penerapan Behavior Based Safety (Bbs) Dengan Menggunakan Metode Safety Culture Maturity Model (Scmm) Dalam Upaya Mencapai Zero Accident Di Pt. Pupuk Kalimantan Timur Bontang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (291Kb) | Preview

    Abstract

    GAMBARAN PENERAPAN BEHAVIOR BASED SAFETY (BBS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAFETY CULTURE MATURITY MODEL (SCMM) DALAM UPAYA MENCAPAI ZERO ACCIDENT DI PT. PUPUK KALIMANTAN TIMUR BONTANG Bekti Nur Arifah1 , Tutug Bolet Atmojo2 , Yeremia Rante Ada’2 Latar Belakang : Tolok ukur keberhasilan sistem keselamatan tidak hanya pada angka “Zero Accident” akan tetapi yang lebih penting adalah seberapa besar perilaku tidak aman dari pekerja dapat diturunkan dari waktu ke waktu. PT. Pupuk Kalimantan Timur untuk pertama kali melakukan survei di tahun 2012 bersama PT. Makara Cita Cipta dari Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan Behavior Based Safety (BBS) dengan metode Safety Culture Maturity Model (SCMM) pada tahun 2014 kemudian dibandingkan dengan tahun 2013. Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode deskriptif, yaitu menggambarkan penerapan Behavior Based Safety (BBS) dengan metode Safety Culture Maturity Model (SCMM) di PT. Pupuk Kalimantan Timur. Pengambilan data mengenai penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui web mail untuk pekerja tetap dan mendatangi langsung ke pekerja untuk pekerja outsourcing. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini kemudian dibahas dengan membandingkan hasil kuesioner di tahun sebelumnya. Hasil : Penilaian Behavior Based Safety (BBS) di PT. Pupuk Kalimantan Timur tahun 2013 didapatkan nilai rata-rata 3,64, sedangkan di tahun 2014 di dapatkan nilai rata-rata 3,90. Terjadi peningkatan sebesar 7,1 % tetapi masih berada di level Calculative. Simpulan : Berdasarkan nilai rata-rata Behavior Based Safety (BBS) dengan metode Safety Culture Maturity Model (SCMM) di tahun 2014 dengan tahun 2013 di PT. Pupuk Kalimantan Timur dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 19 Sep 2015 13:25
    Last Modified: 19 Sep 2015 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19337

    Actions (login required)

    View Item