Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Mini Melalui Metode Pembelajaran Bagian-Keseluruhan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Suruhkalang 02 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014

Widhi, Bayu Nugroho (2014) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Mini Melalui Metode Pembelajaran Bagian-Keseluruhan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Suruhkalang 02 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (778Kb) | Preview

    Abstract

    Bayu Nugroho Widhi. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN BAGIAN-KESELURUHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SURUHKALANG 02 JATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah dalam permainan bolavoli mini pada siswa kelas V SD Negeri Suruhkalang 02 Jaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014 melalui penerapan metode pembelajaran bagian-keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Suruhkalang 02 Jaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa, 11 siswa putra dan 14 siswa putri. Sumber data untuk penelitian ini berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran kemampuan servis bawah bolavoli mini dan pengamatan dari proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran bagian-keseluruhan dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah dalam permainan bolavoli mini pada siswa dari prasiklus ke siklus satu dan dari siklus satu ke siklus dua. Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus satu terjadi peningkatan hasil belajar servis bawah bolavoli untuk siswa yang tuntas yaitu 68% atau 17 siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus dua peningkatan hasil belajar servis bawah bolavoli mini sebesar 88% atau 23 siswa yang tuntas. Simpulan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan metode pembelajaran bagian-keseluruhan dapat meningkatkan hasil servis bawah bolavoli mini pada siswa kelas V SD Negeri Suruhkalang 02 Jaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 19 Sep 2015 13:04
    Last Modified: 19 Sep 2015 13:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19336

    Actions (login required)

    View Item