Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Pendapatan, Pendidikan, Pengangguran, dan Inflasi Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Banten Tahun 2002-2012

Setiawan, Bayu Agusta (2014) Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Pendapatan, Pendidikan, Pengangguran, dan Inflasi Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Banten Tahun 2002-2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2059Kb) | Preview

    Abstract

    ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, KETIMPANGAN PENDAPATAN, PENDIDIKAN, PENGANGGURAN, DAN INFLASI TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI BANTEN TAHUN 2002-2012 Bayu Agusta Setiawan F0107033 Kemiskinan sudah mengakar dalam perekonomian masyarakat dan negara. Kemiskinan menjadi sumber permasalahan yang kompleks dan multidimensional. Solusi yang efektif dan efisien diperlukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan. Penelitian ini menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, ketimpangan, pendidikan, pengangguran dan inflasi terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Banten tahun 2002-2012. Penelitian ini menggunakan data panel atau gabungan data cross section dan time series. Data cross section terdiri dari enam kabupaten/ kota di Provinsi Banten yaitu Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang dan Kota cilegon. Data time series menggunakan data rentang waktu tahun 2002 hingga tahun 2012. Hasil uji signifikansi simultan membuktikan seluruh variabel independen dengan signifikan berpengaruh secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi tingkat kemiskinan. Uji signifikansi parameter individual menunjukkan hasil bahwa hanya variabel pengangguran yang memiliki pengaruh parsial atau individual terhadap tingkat kemiskinan, sedangkan variabel pertumbuhan ekonomi, ketimpangan, pendidikan dan inflasi tidak memiliki pengaruh parsial. Bedasarkan uji koefisien determinasi (R2), variabel pertumbuhan ekonomi, ketimpangan, pendidikan, pengangguran dan inflasi mampu menjelaskan variasi variabel tingkat kemiskinan sebesar 99,60 persen. Hasil regresi data panel dengan metode fixed effect menunjukkan bahwa hanya variabel ketimpangan yang memiliki pengaruh tidak sesuai dengan hipotesis bahwa ketimpangan memiliki pengaruh positif terhadap tingkat kemiskinan. Berdasarkan hasil penelitian, Pemerintah pusat dan daerah di Provinsi Banten harus dapat fokus mengelola faktor-faktor yang dapat mengurangi angka kemiskinan. Potensi-potensi daerah dapat dipergunakan untuk membantu masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 19 Sep 2015 12:34
    Last Modified: 19 Sep 2015 12:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19331

    Actions (login required)

    View Item