PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEKNIK DAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA MENYUSUR TANAH SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS XI SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Keswanto, Lexna (2015) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEKNIK DAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA MENYUSUR TANAH SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS XI SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (474Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran teknik dan bermain terhadap hasil belajar passing bola menyusur tanah sepakbola pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2014/2015.(2) Pembelajaran mana yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran teknik dan bermain terhadap hasil belajar passing bola menyusur tanah sepakbola pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional porposive random sampling, dengan mengambil 50% dari jumlah populasi tiap tingkat kelas, sehingga besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan pengukuran kemampuan passing bola menyusur tanah sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian : Hasil penelitian diperoleh nilai reliabilitas tes awal passing bola menyusur tanah sepakbola pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2014/2015 adalah 0, 8355 dan nilai reliabilitas tes akhir passing bola menyusur tanah sepakbola pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2014/2015 adalah 0,912. Dari uji normalitas diperoleh nilai Lhitung pada tes awal dan tes akhir kelompok 1 dan kelompok 2 lebih kecil dari Ltabel dengan taraf signifikansi 5%, sehingga disimpulkan bahwa data tes awal dan tes akhir berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh Fhitung dari tes awal lebih kecil dari Ftabel dengan taraf signifikansi 5%, sehingga disimpulkan bahwa kelompok 1 dan kelompok 2 memiliki varian yang homogen. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes awal dengan t-test kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai thitung = 1.46385 dan ttabel=2.43. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 1 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 13.5081 dan ttabel= 2.43. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 2 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai thitung = 3.87298 dan ttabel= 2.43. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran teknik dan bermain terhadap hasil belajar passing bola menyusur tanah sepakbola pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2014/2015(thitung 5.69431> ttabel2.43). (2) Metode pembelajaran teknik lebih baik pengaruhnya terhadap hasil belajar passing bola menyusur tanah sepakbola pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2014/2015. Kelompok 1 memiliki peningkatan 34.453 % lebih besar daripada kelompok 2 memiliki peningkatan 8.511 %. Kata Kunci : hasil belajar passing bola menyusur tanah sepakbola, metode pembelajaran teknik, metode pembelajaran bermain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 18 Sep 2015 23:42
    Last Modified: 18 Sep 2015 23:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19314

    Actions (login required)

    View Item