PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

S, Latifatun (2015) PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (331Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pelatihan efikasi diri meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design atau desain kelompok kontrol tidak sepadan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 66 peserta didik. Sumber data berasal dari data primer, dengan menggunakan instrumen angket motivasi belajar dan angket efikasi diri. Analisis data menggunakan rumus Independent Samples T Test dan Paired Samples T Test dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics 17. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan pelatihan efikasi diri dengan t hitung > ttabel yaitu 4.788 > 2,037 (dengan signifikansi 0,000 < 0,05) yang didukung dengan ada perbedaan yang signifikan antara efikasi diri kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan pelatihan efikasi diri dengan t hitung > ttabel yaitu 7.568 > 2,037 (dengan signifikansi 0,000 < 0,05). Hasil penelitian juga menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan t hitung > ttabel yaitu 3.653 > 1,998 (dengan signifikansi 0,001 < 0,05), dan tidak ada perbedaan kondisi awal dan akhir motivasi belajar kelompok kontrol dengan t hitung < ttabel yaitu 1,108 < 2,037 (dengan signifikansi 0,276 > 0,05). Kelompok eksperimen yang diberikan treatment berupa pelatihan efikasi diri mengalami peningkatan efikasi diri dari 108,78 menjadi 121,78 atau sebesar 12% yang diikuti dengan peningkatan motivasi belajar dari 129,09 menjadi 140,84 atau sebesar 10%, sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment pelatihan efikasi diri menunjukan tidak ada perubahan motivasi belajar yang signifikan, yaitu dari 129,94 menjadi 127,72. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan efikasi diri efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: pelatihan efikasi diri, meningkatkan motivasi belajar, peserta didik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 18 Sep 2015 23:29
    Last Modified: 18 Sep 2015 23:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19313

    Actions (login required)

    View Item