POLA KOMUNIKASI PEMILIH PEMULA DALAM MEMPEROLEH INFORMASI MENGENAI PEMILU (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Pemilih Pemula dalam Memperoleh Informasi Politik Saat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2013 )

Jannah, Ulfi Fatchiyatul (2015) POLA KOMUNIKASI PEMILIH PEMULA DALAM MEMPEROLEH INFORMASI MENGENAI PEMILU (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Pemilih Pemula dalam Memperoleh Informasi Politik Saat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2013 ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (710Kb) | Preview

    Abstract

    Pemilu sebuah pesta demokrasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk Pemilih Pemula. Dengan jumlah Pemilih Pemula yang cukup tinggi membuat segment ini harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Kecenderungan Pemilih Pemula yang apatis dan tidak mengerti pentingnya Pemilu membuat angka golput dikalangan pemilih Pemula semakin tinggi. Di sisi lain perkembangan teknologi membuat berubahnya pola komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat begitupula pemilih pemula. Penelitian ini menjadi menarik untuk diteliti karena dapat memberikan gambaran bagaimana Pola komunikasi antarpribadi maupun penggunaan media yang dijalankan oleh Pemilih Pemula yang berada di Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2013, dalam mendapatkan Informasi politik mengenai Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Serta mengetahui hambatan yang mereka hadapi dalam mendapatkan informasi Politik. Metodologi yang digunakan penelitian adalah deskriptif kualitatif yang membahas tentang pola komunikasi, dimana secara mendalam membahas terbentuknya kebiasaan Pemilih Pemula mendapatkan Informasi Politik. Penelitian ini mengacu pada model pencarian informasi milik Wilson dan David Ellis, dimana Model ini menjelaskan bahwa penggunaan informasi ada karena kebutuhan informasi, yang dapat dicari di sistem informasi maupun sumber yang lainnya ini menunjukkan bahwa perilaku pencarian informasi melibatkan orang lain untuk pertukaran informasi dan informasi tersebut digunakan untuk kepentingan sendiri maupun orang lain. Data penelitian ini didapatkan dengan wawancara mendalam ( in depth interview) serta studi kepustakaan mengenai penelitian terdahulu yang mengangkat tema yang hampir sama. Teknik Purposive Sampling digunakan untuk memilih 16 informan penelitian, sementara proses analisis data meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola yang dilakukan pemilih pemula melalui interaksi antar face to face dapat digolongkan pada Pola komunikasi Anarpribadi, Kelompok, Organisasi, kemudian untuk Pola Komunikasi Media dapat dijadikan menjadi pola komunikasi Iklan, pola komunikasi media konvensional dan New Media. Kemudian yang menjadi hambatan Pemilih pemula dalam mendapatkan informasi politik adalah hambatan secara internal, meliputi faktor psikologi dan eksternal meliputi faktor lingkungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 22:05
    Last Modified: 18 Sep 2015 22:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19309

    Actions (login required)

    View Item