PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP HUBUNGAN ANTARA CREDIT RISK DENGAN PROFITABILITY (Studi Pada Perbankan Peserta CGPI yang Dilaksanakan Oleh IICG Bersama SWA Magazine Periode 2009-2013)

Faizati, Ulfah (2015) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP HUBUNGAN ANTARA CREDIT RISK DENGAN PROFITABILITY (Studi Pada Perbankan Peserta CGPI yang Dilaksanakan Oleh IICG Bersama SWA Magazine Periode 2009-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (623Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mencari bukti empiris mengenai pengaruh good corporate governance terhadap hubungan antara credit risk dengan profitability pada perbankan yang menjadi peserta pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI). Penerapan good corporate governance diproksikan dengan nilai CGPI yang diterbitkan pada SWA Magazine. Sedangkan credit risk diproksikan dengan Non Performing Loan (NPL) dan profitability diproksikan dengan Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE). Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yakni size, leverage, dan growth opportunity. Penelitian ini menguji 6 hipotesis, yaitu (1) NPL berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, (2) NPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE, (3) size berpengaruh positif terhadap profitability, (4) leverage berpengaruh positif terhadap profitability, (5) growth opportunity berpengaruh positif terhadap profitability, dan (6) good corporate governance mampu memoderasi hubungan antara credit risk dengan profitability dengan size, leverage, dan growth opportunity sebagai variabel kontrol. Keenam hipotesis tersebut diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda Sampel penelitian terdiri atas 23 perusahaan perbankan yang menjadi peserta pemeringkatan Corporate Governance Percertion Index (CGPI) selama tahun 2009-2013. Data sampel diperoleh melalui purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa credit risk (NPL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitability (ROA), akan tetapi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitability (ROE). Hasil juga menunjukkan bahwa good corporate governance bukan variabel moderasi dan size, leverage, serta growth opportunity tidak berpengaruh terhadap profitability. Kata Kunci : good corporate governance, CGPI, credit risk, profitability

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 21:53
    Last Modified: 18 Sep 2015 21:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19307

    Actions (login required)

    View Item