KUALITAS PENERAPAN METODE BLOCK PRACTICE DAN PRINSIP DAP DALAM PEMBELAJARAN RENANG PADA SISWA KELAS 5 SDN WOTAN 02 SUKOLILO PATI

Ubaiddillah, (2015) KUALITAS PENERAPAN METODE BLOCK PRACTICE DAN PRINSIP DAP DALAM PEMBELAJARAN RENANG PADA SISWA KELAS 5 SDN WOTAN 02 SUKOLILO PATI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (856Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana Perencanaan Pembelajaran Renang Melalui Metode Block Practice dan Prinsip DAP pada Siswa Kelas 5 SDN Wotan 02 Sukolilo Pati. (2) untuk mengetahui bagaimanaKinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Renang Melalui Metode Block Practice dan Prinsip DAP pada Siswa Kelas 5 SDN Wotan 02 Sukolilo Pati.(3) untuk mengetahui bagaimanaAktifitas Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Renang Melalui Metode Block Practice dan Prinsip DAP pada Siswa Kelas 5 SDN Wotan 02 Sukolilo Pati.Data analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Metode penelitian : Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SDN Wotan 02 Sukolilo Pati. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini meliputi data yang berupa dokumen, data hasil observasi, dan juga data hasil dari kegiatan wawancara yang berhubungan dengan pembelajaran renang. Nara sumber dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru penjaskes, dan juga siswa di lingkungan SDN Wotan 02 Sukolilo Pati.Teknik analisis data menggunakan tahapan dari Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data (data reduction), kategorisasi, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verivication). Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kurikulum yang digunakan dalam adalah Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Guru pendidikan jasmani menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran renang dengan menggunakan Metode Block Practice dan Prinsip DAP yang mengacu pada silabus yang ada, RPP yang dibuat mencakup: 1) Kompetensi Inti, 2) Kompetensi Dasar , 3) Tujuan Pembelajaran , 4) Indikator Pencapaian kompetensi , 5) Materi Ajar , 6) Metode Pembelajaran, 7) Langkah-Langkah Pembelajaran, 8) Alat dan Sumber Belajar, 9) Penilaian Hasil Belajar. Tempat yang digunakan untuk pembelajaran renang di SDN Wotan 02 Sukolilo Pati di kolam renang Mulia Waterboom Kec. Klambu Kab. Grobagan Prov. Jateng. setiap hari sabtu, dimulai pukul 14.30 Wib sampai dengan 17.00 Wib. (2) Guru pendidikan jasmani di SDN Wotan 02 Sukolilo Pati mempunyai dua tugas yang sangat penting yaitu tugas sebagai pelatih dan tugas sebagai pembimbing. Kinerja guru pendidikan jasmani SDN Wotan 02 Sukolilo Pati sudah cukup baik, ini dikarenakan Guru pendidikan jasmani SDN Wotan 02 Sukolilo Pati menguasai materi baik secara teori maupun praktek.(3) Guru pendidikan jasmani memberikan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan oleh siswa, mengarahkan agar siswa dapat menguasai materi yang diajarkan. Aktifitas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran renang yaitu siswa mengikuti arahan yang diberikan oleh guru terhadap materi yang diajarkan. Interaksi dalam pembelajaran renang dengan Metode Block Practice dan Prinsip DAP pada Siswa Kelas 5 SDN Wotan 02 Sukolilo, interaksi berjalan dengan baik, baik antar guru dengn siswa dan antar siswa, ini dikarenakan pembelajan renang dikemas sedemikian rupa agar menarik dan menyenangkan bagi para siswa. Proses pembelajaran xii disesuaikan dengan perkembangan usia dan individu yang meliputi perkembangan kognisi, emosi, minat, dan bakat siswa. Prestasi yang diraih Siswa Kelas 5 SDN Wotan 02 Sukolilo yaitu juara 3 renang SD Tahun 2013/2014 Se-Kecamatan Sukolilo kabupaten Pati. Katakunci : Metode Block Practice dan Prinsip DAP, renang, pendidikan jasmani.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 21:41
    Last Modified: 18 Sep 2015 21:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19303

    Actions (login required)

    View Item