PENGARUH KEPESERTAAN ASURANSI KESEHATAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II

Dewi , Tutus Novita (2015) PENGARUH KEPESERTAAN ASURANSI KESEHATAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (367Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Pengobatan Diabetes memerlukan waktu yang lama sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit serta pasien membutuhkan dukungan keluarga untuk proses penyembuhan penyakitnya. Untuk pasien yang telah mengikuti kepersertaan asuransi akan terbantu dalam segi biaya, sedangkan dukungan keluarga menjadi faktor psikologis untuk membantu proses penyembuhan. Tujuan : untuk menganalisis pengaruh kepesertaan Asuransi Kesehatan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan berobat penderita Diabetes Melitus Tipe II Metode : Tempat penelitian di Rumah Sakit Umum dr. Soedono Madiun. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh penderita Diabetes Melitus yang berobat di RSUD dr.Soedono Madiun. Sampel penelitian sebanyak 60 orang. Teknik sampling penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil : Terdapat hubungan antara kepesertaan asuransi dan dukungan keluarga dengan kepatuhan berobat. Pasien yang ikut dalam kepesertaan asuransi memiliki kepatuhan berobat 5,60 kali lebih baik dari pada pasien yang tidak ikut dalam kepesertaan asuransi. Hubungan antara kepesertaan asuransi dengan kepatuhan berobat secara statistik signifikan (OR 5,60; CI 95 % = 1 ,12 – 27,94; p <0,05). Pasien yang memiliki dukungan keluarga yang tinggi memiliki kepatuhan berobat 14,59 kali lebih baik dari pada pasien yang memiliki dukungan keluarga kurang. Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan berobat secara statistik signifikan (OR 14,59; CI 95 % = 3,02 – 70,38; p <0,05). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kepesertaan asuransi dan dukungan keluarga dengan kepatuhan berobat. Kata Kunci : kepesertaan asuransi, dukungan keluarga, kepatuhan berobat.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RT Nursing
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 21:24
    Last Modified: 18 Sep 2015 21:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19299

    Actions (login required)

    View Item