PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MENGGUNAKAN PELURU SESUNGGUHNYA DAN MODIFIKASI ALAT TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOX PADA SISWA KELAS XI USAHA PERJALANAN WISATA 2 SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN 2013/2014

Tristyanto , (2015) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MENGGUNAKAN PELURU SESUNGGUHNYA DAN MODIFIKASI ALAT TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOX PADA SISWA KELAS XI USAHA PERJALANAN WISATA 2 SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (161Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru sesungguhnya dan modifikasi alat terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodox pada siswa kelas XI usaha perjalanan wisata 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014; (2) Pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan peluru sesungguhnya dan modifikasi alat terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodox pada siswa kelas XI usaha perjalanan wisata 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI usaha perjalanan wisata 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014 dengan jumlah 32 orang, tidak ada teknik sampling yang digunakan karena penelitian ini adalah penelitian populasi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data tolak peluru gaya ortodox. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes dan Pengujuran Tolak Peluru Gaya Ortodox. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru sesungguhnya dan modifikasi alat terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodox pada siswa kelas XI usaha perjalanan wisata 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014, dengan thitung = 4,62 > ttabel = 2,131; (2) Metode pembelajaran tolak peluru menggunakan modifikasi alat lebih baik pengaruhnya terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodox pada siswa kelas XI usaha perjalanan wisata 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014, dengan peningkatan menggunakan peluru sesungguhnya = 2,09% < modifikasi alat = 7,68%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran tolak peluru menggunakan peluru sesungguhnya dan modifikasi alat terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodox pada siswa kelas XI usaha perjalanan wisata 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014; (2) Metode pembelajaran tolak peluru menggunakan modifikasi alat lebih baik pengaruhnya terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodox pada siswa kelas XI usaha perjalanan wisata 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014. Kata kunci: tolak peluru gaya ortodox, metode pembelajaran menggunakan peluru sesungguhnya, metode pembelajaran modifikasi alat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 20:44
    Last Modified: 18 Sep 2015 20:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19291

    Actions (login required)

    View Item