UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN Plantago lanceolata L. TERHADAP LARVA Artemia salina Leach. DENGAN METODE Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)

Widyasari, Trisna (2015) UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN Plantago lanceolata L. TERHADAP LARVA Artemia salina Leach. DENGAN METODE Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (292Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia memiliki keanekaragaman obat tradisional dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita karena sudah lekat dengan budaya bangsa dan digunakan oleh segenap lapisan masyarakat. Daun P. lanceolata digunakan sebagai obat tradisional sebagai pelancar air kemih, peluruh dahak, dan menghentikan batuk. P. lanceolata mengandung senyawa kimia flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah senyawa bioaktif yang terkandung dalam ekstrak daun P. lanceolata dapat berpotensi sebagai kandidat antikanker, menentukan nilai LC50 dari uji toksisitas ekstrak daun P. lanceolata terhadap larva Artemia salina Leach., dan melihat profil Kromatografi Lapis Tipis (KLT) senyawa aktif hasil ekstraksi daun P. lanceolata. Daun P. lanceolata dimaserasi menggunakan metanol, maserat kemudian dipekatkan mengunakan rotary evaporator sehingga diperoleh ekstrak kental. Ekstrak kemudian diuji toksisitasnya dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Pengujian mengunakan seri kadar 50 ppm, 125 ppm, 250 ppm, 500 ppm, 1000 ppm. Efek toksisitas ekstrak daun P. lanceolata dianalisis dengan menghitung persentase kematian dengan ANAVA dilanjutkan dengan DMRT 5%, kemudian menghitung LC50 selama 24 jam perlakuan, apabila dari sampel yang diujikan memiliki LC50 dengan konsentrasi di bawah < 500 µg/ml maka senyawa yang terkandung pada sampel bersifat toksik dan berpotensi sebagai antikanker. Ekstrak daun P. lanceolata L. kemudian dilihat profil senyawa aktifnya dengan KLT deteksi semprot spesifik. Profil KLT dari senyawa aktif hasil ekstraksi P. lanceolata ini kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun P. lanceolata positif mengandung flavonoid, terpenoid, steroid dan bersifat toksik dengan nilai LC50 101,3911µg/ ml. Profil KLT (Kromotografi Lapis Tipis) menunjukkan senyawa bioaktif hasil ekstrak daun P. lanceolata dapat dipisahkan pada 0,81(flavonoid), 0,61(alkaloid), and 0,59 (steroid). Kata kunci: Artemia salina Leach., BSLT, KLT, Plantago lanceolata L., Uji toksisitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Q Science > QK Botany
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 20:29
    Last Modified: 18 Sep 2015 20:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19288

    Actions (login required)

    View Item