PENGUKURAN KEPUASAN LAYANAN JASA PENGUNJUNG DI UPT. PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (UNS)

Wisudawati, Tri (2015) PENGUKURAN KEPUASAN LAYANAN JASA PENGUNJUNG DI UPT. PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (130Kb) | Preview

    Abstract

    Semua perusahaan, lembaga, badan atau institusi penyelenggara layanan jasa selalu dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya karena kualitas merupakan sasaran yang terus berubah. Memberikan pelayanan kepada pengunjung dan memberikan kepuasaan terhadap jasa pelayanan merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh UPT. Perpustakaan Pusat UNS. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengukuran mengenai kepuasan layanan jasa agar bisa dilakukan perbaikan dan bahan pertimbangan mengenai kepuasan layanan jasa di UPT. Perpustakaan Pusat UNS sehingga dapat memuaskan pengunjung dalam hal layanan jasa. Langkah-langkah dalam pengukuran kepuasan layanan jasa meliputi 4 tahap yaitu penentuan kategori dan kriteria, pembobotan, uji reliabilitas, dan pengukuran kepuasan layanan jasa. Pada tahap penentuan kategori dan kriteria didapat dari studi pustaka sebanyak 25 kriteria dan 4 kategori. Dari tahap pembobotan didapatkan proporsi yang berbeda setiap kriteria dan kategori, dari uji reliabilitas didapatkan hasil reliabel atau tidaknya suatu kriteria, selanjutnya dilakukan pengukuran. Pengukuran kepuasan layanan jasa menghasilkan angka yang dapat menggambarkan range kepuasan layanan jasa menurut responden dengan kuesioner yang menggunakan skala likert. Hasil pengukuran kepuasan layanan jasa diharapkan dapat memberikan masukan kepada UPT. Perpustakaan Pusat UNS dalam hal kepuasan layanan jasa sehingga pengunjung menjadi puas akan layanan jasa yang diberikan. Kata kunci: Penentuan kategori dan kriteria, Pembobotan, Uji Reliabilitas, Pengukuran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 20:03
    Last Modified: 18 Sep 2015 20:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19284

    Actions (login required)

    View Item