PENINGKATAN MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUIPEMBELAJARAN TEMATIKPADA SISWA KELAS 1 SD NEGERIBANYUANYAR 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013 / 2014

Namika, Tri Untari (2015) PENINGKATAN MOTIVASI MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUIPEMBELAJARAN TEMATIKPADA SISWA KELAS 1 SD NEGERIBANYUANYAR 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (155Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi mengikuti pebelajaran pendidikan jasmani melalui pembelajaran tematik pada siswa kelas 1 SD Negeri Banyuanyar 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDNegeri Banyuanyar 2 Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan cheklist, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan motivasi. Dalam penelitian ini proses pembelajaran berhasil apabila setidaknya 70% siswa berhasil dalam mencapai indikator yang ditetapkan oleh peneliti dan guru kolaborator. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran tematikdapat meningkatkan motivasi megikuti pebelajaranpendidikan jasmani pada siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 15% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 6%. Proses pembelajaran pada pra siklus cenderung berpusat pada guru sehingga motivasiengikuti pebelajaran pendidikan jasmani siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. Motivasimengikuti pebelajaran siswa meningkat, walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan motivasimengikuti pembelajaran pendidikan jasmani menjadi tinggi sehingga bisa mendukung pembelajaran yang berkualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapanpembelajaran tematik meningkatkan motivasi megikuti pebelajaranpendidikan jasmani siswa kelas 1 SD Negeri Banyuanyar 2 Surakarta tahun 201 3/2014. Kata kunci: Motivasi, Pembelajaran tematik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 19:29
    Last Modified: 18 Sep 2015 19:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19280

    Actions (login required)

    View Item