PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LOMPAT DAN RASIO PANJANG TELAPAK KAKI : TINGGI BADAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Studi Eksperimen Pembelajaran Lompat Melewati Rintangan dan Meraih Sasaran Atas Ditinjau dari Rasio Panjang Telapak Kaki : Tinggi Badan pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014)

Sutrisno, Tri (2015) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LOMPAT DAN RASIO PANJANG TELAPAK KAKI : TINGGI BADAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Studi Eksperimen Pembelajaran Lompat Melewati Rintangan dan Meraih Sasaran Atas Ditinjau dari Rasio Panjang Telapak Kaki : Tinggi Badan pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1006Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan Pengaruh metode pembelajaran lompat melewati rintangan dan meraih sasaran atas terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. (2) Perbedaan pengaruh rasio panjang telapak kaki : tinggi badan dalam metode pembelajaran lompat melewati rintangan dan meraih sasaran atas terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. (3) Interaksi antara perbedaan metode pembelajaran lompat melewati rintangan dan meraih sasaran atas dengan rasio panjang telapak kaki : tinggi badan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri atas tiga variabel, yaitu variabel bebas manipulatif ( metode pembelajaran ), variabel atributif ( rasio panjang telapak kaki : tinggi badan ) dan variabel terikat ( hasil belajar lompat jauh gaya jongkok ). Rancangan penelitian ini adalah faktorial 2x3. Sampel penelitian adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling . data rasio panjang telapak kaki : tinggi badan diperoleh dengan pengukuran panjang telapak kaki dan tinggi badan, sedangkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok diukur dengan tes lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data menggunakan ANAVA. Sebelum menguji dengan ANAVA, terlebih dulu menggunakan uji normalitas sampel ( Uji lillifors dengan α= 0,05 ) dan uji homogenitas varians ( uji bartlet dengan α = 0,05 ) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada Perbedaan pengaruh metode pembelajaran lompat melewati rintangan dan meraih sasaran atas terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Pengaruh metode pembelajaran lompat meraih sasaran atas lebih baik dari pada metode pembelajaran lompat melewati rintangan. (2) Ada perbedaan hasil belajar lompat jauh yang signifikan antara siswa yang memiliki rasio panjang telapak kaki : tinggi badan panjang dengan rasio panjang telapak kaki : tinggi badan pendek.(3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran lompat dan rasio panjang telapak kaki : tinggi terhadap peningkatan hasil belajar prestasi lompat jauh gaya jongkok. Kata kunci : Metode pembelajaran lompat melewati rintangan dan lompat meraih sasaran atas, Rasio panjang telapak kaki : tinggi badan, Lompat jauh gaya jongkok.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 19:23
    Last Modified: 18 Sep 2015 19:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19279

    Actions (login required)

    View Item