PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MOTIVASI ARCS SECARA KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK COKROAMINOTO I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013-2014

Retnoasih, Tri (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MOTIVASI ARCS SECARA KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK COKROAMINOTO I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013-2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (428Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Surakarta dengan menerapkan strategi pembelajaran dengan motivasi ARCS secara kooperatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Surakarta yang berjumlah 17 siswa. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif komparatif dan deskriptif kualitatif. Indikator kinerja pe-nelitian adalah peningkatan hasil belajar ranah afektif, psikomotorik dan kognitif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran motivasi ARCS secara kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Surakarta. Hal ini dapat terlihat dengan meningkatnya hasil belajar ranah kognitif peserta didik yang tuntas sebesar 88,24% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Ranah afektif peserta didik siklus I 82,36% dan siklus II meningkat menjadi 97 %. Hasil belajar ranah psikomotor peserta didik siklus I adalah 58,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,47%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran dengan motivasi ARCS secara kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: strategi motivasi ARCS, pembelajaran kooperatif (group investigation dan everyone teacher), hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 18 Sep 2015 19:04
    Last Modified: 18 Sep 2015 19:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19276

    Actions (login required)

    View Item