PENGARUH RASIO – RASIO EARLY WARNING SYSTEM, DER, UKURAN PERUSAHAAN, INFLASI, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di BEI)

WIDIYANINGSIH, VITALIS ARI (2015) PENGARUH RASIO – RASIO EARLY WARNING SYSTEM, DER, UKURAN PERUSAHAAN, INFLASI, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di BEI). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (747Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh rasio early warning system (sistem peringatan dini), DER, ukuran perusahaan, inflasi, dan kepemilikan asing terhadap abnormal return saham perusahaan asuransi. Rasio EWS terdiri dari rasio beban klaim, rasio likuiditas, agents’ balance to surplus ratio, dan rasio pertumbuhan premi. Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan tiga proksi, yaitu total aset, penjualan, dan kapitalisasi pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2004-2013. Prosedur pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan 10 perusahaan di setiap tahunnya. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio pertumbuhan premi dan DER memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap abnormal return. Sementara itu, inflasi dan ukuran perusahaan menunjukkan temuan yang saling bertentangan. Di sisi lain, rasio beban klaim, rasio likuiditas, agents’ balanced to surplus, dan kepemilikan asing tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap abnormal return. Kata kunci: Abnormal return, early warning system,DER, ukuran perusahaan, inflasi, dan kepemilikan asing.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 18 Sep 2015 14:01
    Last Modified: 18 Sep 2015 14:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19266

    Actions (login required)

    View Item