STUDI PERBANDINGAN KOMPETENSI PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF MAHASISWA LULUSAN SMA DAN SMK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS

SARYATUN, . (2015) STUDI PERBANDINGAN KOMPETENSI PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF MAHASISWA LULUSAN SMA DAN SMK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (174Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan kompetensi mahasiswa Program Studi PTM JPTK FKIP UNS angkatan tahun 2011 antara lulusan SMA dan SMK pada mata kuliah Praktik Kelistrikan Otomotif. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa konsentrasi Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan tahun 2011 yang berjumlah 23. Sampel diambil dengan teknik sampel total. Teknik pengumpulan datanya angket. Validitas instrumen angket penelitian menggunakan pendekatan korelasi Product Moment dari Pearson. Uji validitas instrumen dengan taraf signifikansi sebesar 5% didapat nilai r product moment sebesar 0,444. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Terdapat perbedaan kompetensi mahasiswa Program Studi PTM JPTK FKIP UNS angkatan tahun 2011 antara lulusan dari SMA dan SMK pada mata kuliah Praktik Kelistrikan Otomotif. Kompetensi mahasiswa lulusan SMK lebih baik jika dibandingkan lulusan dari SMA. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yaitu indikator alat ukur, pada lulusan SMK berada dalam kategori tinggi dengan perolehan persentase sebesar 50%, sedangkan SMA 38,46%. Indikator sistem starter, pada lulusan SMK berada dalam kategori tinggi dengan perolehan persentase sebesar 80%, sedangkan lulusan SMA berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 84,62%. Indikator system pengapian konvensional pada lulusan SMK berada dalam kategori tinggi dengan perolehan persentase sebesar 70%, sedangkan SMA 53,84%. Indikator engine analisis, pada lulusan SMK berada dalam kategori tinggi dengan perolehan persentase sebesar 60%, sedangkan SMA 46,15%. Kata kunci: perbandingan kompetensi, Praktik Kelistrikan Otomotif, SMA, SMK.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 18 Sep 2015 00:38
    Last Modified: 18 Sep 2015 00:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19240

    Actions (login required)

    View Item