ANALISIS PERENCANAAN STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS MENGGUNAKAN METODE SWOT

TYASTUTI, SARI (2014) ANALISIS PERENCANAAN STRATEGIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS MENGGUNAKAN METODE SWOT. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (596Kb) | Preview

    Abstract

    Perencanaan strategis bagi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) sangatlah penting guna mencapai visi, misi dan tujuannya. Program StudiPTMdalam penyusunan rencana strategis harus mengetahui kondisi lingkungan internal maupun kondisi eksternal yang berdampak bagi pencapaian visi, misi dan tujuannya. Analisis SWOT (strength, weakness, opportunity and threat) lebih sesuai untuk menghasil rumusan (konsep) rencana strategi pengembangan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Tujuan penelitian ini antara lain : (1) mengetahui posisi kuadran Program Studi PTM JPTK FKIP UNS menggunakan metode SWOT, (2) mengetahuialternatif strategis jangka pendekyang dapat diterapkan untuk Program Studi PTM JPTK FKIP UNS berdasarkan metode SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Bentuk dan strategi yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Kuisioner/angket diisi oleh 7 dosen Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, 20 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesinsemester VII, dan 13 alumni Program Studi Pendidikan Teknik Mesin lulusan 3 tahun terakhir yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk, validitas isi, dan triangulasi didasarkan pendapat para ahli (expert judgment). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Teknik Mesinberada pada kuadran I dengan nilai kekuatan 0,033 dan nilai peluang 0,274. Kuadran I menandakan Program Studi Pendidikan Teknik Mesindalam kondisi kuat dan berpeluang. Maka strategi yang dapat diterapkan pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesinadalah strategi pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy), artinya Program Studi Pendidikan Teknik Mesindalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih peluang secara maksimal demi kemajuan yang berkelanjutan. Perencanaan strategi yang dapat diterapkan Program Studi Pendidikan Teknik Mesinantara lain : (1) peningkatan fungsi dosen PPL pada mahasiswa, (2) pengadaan pelatihan untuk mengembangkan bakat/potensi mahasiswa, (3) menyusun arah dan dasar kebijakan pengembangan kurikulum yang mengacu pada SKL, tujuan serta visi dan misi, (4) pemberdayaan kompetensi dosen melalui studi lanjut baik di dalam maupun di luar negeri, (5) peningkatan perawatan yang berkala pada peralatan/mesin-mesin, (6) peningkatankreativitasdosendalammelakukanpenelitianuntukmemaksimalkanpeng gunaan anggarandaripemerintah, (7) peningkatan pembelajaran menggunakan work based learning, (8) mengoptimalkankinerjadosendalammemonitoringperencanaan program kerjapengadaanjasaservismobilatausepeda motor dan menerima proyek pengelasan atau pembubutan benda kerja yang memberdayakan mahasiswagunamenarikperhatianmasyarakat, (9) mengadakan kuliah praktik langsung di dunia usaha dan di dunia industri, (10) meningkatkan pengadaan pembelajaran dan ujian kompetensi berbasis e-learning, (11) pengadaan pameran unit produksi untuk masyarakat luar, (12) meningkatkan pendekatandanmenjalinkerjasama yang baikdenganduniaindustri dandunia pendidikan/SMK, (13) Meningkatkan pemberian informasi lowongan pekerjaan kepada lulusan melalui semua media, (14) mengirim staff teknisi mengikuti pelatihan untuk pengelolaan sarana prasaranan, dan (15) memaksimalkan mahasiswa terlibat dalam penelitian payung. Kata Kunci: SWOT, Program Studi, Perencanaan Strategis, PTM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 18 Sep 2015 00:22
    Last Modified: 18 Sep 2015 00:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19239

    Actions (login required)

    View Item