PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN PENGGUNAAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 BOLON TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PRASTIWI , SARI DEWI (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN PENGGUNAAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 BOLON TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (204Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menerapkan penggunaan energi melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Bolon, Colomadu, Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Bolon yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Milles & Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan data peningkatan nilai kemampuan menerapkan penggunaan energi pada setiap siklus. Nilai rata-rata kelas pada uji pratindakan adalah 60,52 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 33,33%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 71,19 dengan presentase ketercapaian kelas sebesar 70,37%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,5 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 88,89%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menerapkan penggunaan energi pada siswa kelas IV SSD Negeri 03 Bolon, Colomadu, Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Project Based Learning, kemampuan menerapkan, penggunaan energi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 18 Sep 2015 00:04
    Last Modified: 18 Sep 2015 00:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19238

    Actions (login required)

    View Item