PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) KIMIA SMA/MA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LAJU REAKSI

HAPSARI, NATALIA DIYAH (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) KIMIA SMA/MA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LAJU REAKSI. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb) | Preview

    Abstract

    Natalia Diyah Hapsari Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Kimia SMA/MA Berbasis Learning Cycle 5E Pada Materi Laju Reaksi. TESIS. Pembimbing I: Dr. Mohammad Masykuri, M.Si., Pembimbing II: Dr. Sri Yamtinah, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5E, (2) mengetahui kualitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5E, (3) mengetahui efektivitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5E untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian dan pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5E menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 9 tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba pelaksanaan lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir. Analisis Data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) telah berhasil dikembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5E pada materi Laju Reaksi yang dilakukan berdasarkan tahapan penelitian dan pengembangan R&D yang terdiri dari 9 tahapan, (2) kualitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5E pada materi Laju Reaksi memiliki kualitas sangat baik pada aspek komponen kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafisan dengan persentase sebesar 84,06% berdasarkan penilaian siswa dan 90,88% berdasarkan penilaian guru, (3) hasil uji efektivitas pada aspek pengetahuan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen (pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 5E disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5E ) dan kelas baseline (pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 5E tanpa disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Learning Cycle 5E ), sedangkan pada aspek sikap dan keterampilan tidak terdapat perbedaan. Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Learning Cycle 5E, Laju Reaksi, Efektivitas

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 17 Sep 2015 18:41
    Last Modified: 17 Sep 2015 18:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19219

    Actions (login required)

    View Item