HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SITUS-SITUS TSUNAMI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH DENGAN KESADARAN SEJARAH(Survey pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Syiah Kuala- Banda Aceh)

Suryana, Nina (2014) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SITUS-SITUS TSUNAMI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH DENGAN KESADARAN SEJARAH(Survey pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Syiah Kuala- Banda Aceh). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (212Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) hubungan pemahaman situs-situs tsunami dengan kesadaran sejarah mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah; (2) hubungan minat belajar sejarah dengan kesadaran sejarah mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah; dan (3) hubungan antara pemahaman situs-situs tsunami dan minat belajar sejarah secara bersama-sama dengan kesadaran sejarah mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala yang diidentifikasi berdasarkan lama studi, yaitu semester II, IV, dan VI. Sampel penelitian berjumlah 127 mahasiswa dari populasi yang berjumlah 199 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes pemahaman situs-situs tsunami, angket minat belajar sejarah, dan angket kesadaran sejarah. Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Uji coba instrumen angket meliputi uji validitas butir, validitas isi, validitas konkuren, dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, dan uji homoskedastisitas. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman situs-situs tsunami (X1) dengan kesadaran sejarah (Y) mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,197, koefisien regresi sebesar 0,822 pada konstanta 95,190 dan thit (2,245) > ttab (1,656) dengan taraf signifikan 5%; (2) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar sejarah (X2) dengan kesadaran sejarah (Y) mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,063, koefisien regresi sebesar 0,064 pada konstanta 107,392 dan thit (0,707) < ttab (1,656) dengan taraf signifikan 5%; (3) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman situs-situs tsunami (X1) dan minat belajar sejarah (X2) dengan kesadaran sejarah (Y) mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,203, koefisien regresi pemahaman situs-situs tsunami sebesar 0,807, koefisien regresi minat belajar sejarah sebesar 0,050 pada konstanta 88,397, koefisien determinasi sebesar 0,041 dengan persamaan garis regresi ganda = 88,397 + 0,807 X1 + 0,050 X2 dan Fhit (2,661) < Ftab (3,070) dengan taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: pemahaman situs-situs tsunami, minat belajar sejarah, kesadaran sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 17 Sep 2015 17:08
    Last Modified: 17 Sep 2015 17:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19198

    Actions (login required)

    View Item