PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII E SMP N 2 KARANGANYAR

Ngadimin, (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII E SMP N 2 KARANGANYAR. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (645Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks berita dan (2) meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 2 Karanganyar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan guru bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Karanganyar. Sumber data penelitian ini adalah peristiwa proses pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, kajian dokumen, pemberian tes dan wawancara. Validitas data digunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan penggunaan media foto atau gambar dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks berita dan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII E SMP N 2 Karanganyar. Peningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks berita ditandai dengan peningkatan nilai kinerja guru dan kinerja siswa. Nilai rata-rata kinerja guru pada siklus I = 64 (cukup); siklus II = 73 (baik); dan siklus III = 84 (baik). Sementara itu, nilai rata-rata kinerja siswa pada siklus I = 11,22 (cukup), siklus II = 12,61 (baik), dan siklus III (baik) = 13,39. Adapun peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis teks berita mencapai 77,65 dengan persentase ketuntasan sebesar 69,575%. Pada siklus II mencapai 78,78 dengan persentase ketuntasan 73,91%, dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 80,04 dengan persentase ketuntasan 82,61%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan media foto atau gambar efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks berita. Kata kunci: kemampuan menulis teks berita, pembelajaran kooperatif, STAD

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 17 Sep 2015 17:01
    Last Modified: 17 Sep 2015 17:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19196

    Actions (login required)

    View Item