PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DALAM DINAMIKA HIDROSFER TAHUN AJARAN 2013/2014 (Implementasi Kurikulum 2013 di kelas X ICT IPA 2 SMAN 1 Karanganyar)

Arizona, Neto Armando (2014) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DALAM DINAMIKA HIDROSFER TAHUN AJARAN 2013/2014 (Implementasi Kurikulum 2013 di kelas X ICT IPA 2 SMAN 1 Karanganyar). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (455Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Meningkatkan kualitas proses belajar peserta didik melalui penerapanmodel Project Based Learning. 2) Meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik melalui penerapanmodel Project Based Learning. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, lembar observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Validitas data diukur dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi metode dan triangulasi observer. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan lembar observasi rata-rata prosentase capaian proses pembelajaran dalam kelas pada masing-masing aspek yaitu: Kerja sama kelompok pada siklus I sebesar 61,33% dan 81,33% pada siklus II. Minat dan antusias peserta didik pada siklus I sebesar 65,33% dan 88% pada siklus II. Motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 69,33% dan 80% pada siklus II. Sementara untuk hasil tes peserta didik pada siklus I sebesar 48,4% diatas KKM, sedangkan pada siklus II sebesar 87,1% diatas KKM. Hasil wawancara peserta didik dapat disimpulkan bahwa interaksi antar peserta didik dan peserta didik dengan guru meningkat dan menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih kondusif saat pelaksanaan tindakan. Peserta didik juga termotivasi untuk belajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah, minat terhadap masalah meningkat, diskusi kelompok dalam memecahkan masalah menjadi menyenangkan, serta peserta didik juga merasa pembelajaran selama tindakan merupakan kegiatan yang menarik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : 1) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. 2) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar geografi pada materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika hidrosfer pada peserta didik kelas X ICT IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013 / 2014. Kata Kunci : Project Based Learning, kualitas proses dan hasil belajar, kurikulum 2013.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 17 Sep 2015 16:55
    Last Modified: 17 Sep 2015 16:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19194

    Actions (login required)

    View Item