HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN IV MAHASISWA KEBIDANAN

Chiani , Saraswati Haylian (2014) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN IV MAHASISWA KEBIDANAN. Masters thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1008Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Kualitas mahasiwa dapat dilihat dari prestasi akademik yang diraihnya sehingga mahasiswa dituntut tidak hanya berdiam diri saja, oleh karena itu menciptakan mata rantai masalah yang berakar dari dalam diri yaitu problem konsep diri dan motivasi belajar mahasiswa dimana konsep diri positif dan motivasi belajar yang baik akan menciptakan prestasi belajar yang baik begitupun sebaliknya. Subjek dan Metode: Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Respati Yogyakarta, dilaksanakan dari bulan April 2014 sampai bulan Mei 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 205 mahasiswa, sedangkan sampel berjumlah 136 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dokumen. Analisis bivariat menggunakan analisis korelasi Product Moment sedangkan analisis multivariat menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri mempunyai hubungan positif dan signifikan (rhitung 0,572), motivasi belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan (rhitung 0,594) dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear berganda , ada hubungan antara konsep diri dan motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan nilai Fhitung sebesar 51,891, nilai R square sebesar 0,438 serta sumbangan efektif konsep diri sebesar 20,09623% dan sumbangan efektif motivasi belajar sebesar 23,73416%. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar, terdapat hubungan yang positif dan secara statistik signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Kata Kunci: Konsep Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 17 Sep 2015 16:42
    Last Modified: 17 Sep 2015 16:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19183

    Actions (login required)

    View Item