PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO (STUDI KASUS PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI BIDANG KEAHLIAN KHUSUS PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS TAHUN 2014)

LISTANTI, SARAH (2014) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO (STUDI KASUS PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI BIDANG KEAHLIAN KHUSUS PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS TAHUN 2014). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (490Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kualitas pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro di Prodi Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi FKIP UNS Tahun 2014 yang ditinjau dari aspek kompetensi pedagogik dosen dan pelaksanaan tugas dosen pengampu mata kuliah pengajaran mikro, aspek kelengkapan fasilitas pembelajaran, aspek prosedur pelaksanaan pembelajaran, aspek iklim kelas pembelajaran, dan aspek itensitas atau frekuensi pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Ekonomi BKK (Bidang Keahlian Khusus) Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa BKK (Bidang Keahlian Khusus) Pendidikan Akuntansi angkatan 2010 yang menempuh mata kuliah pengajaran mikro yang berjumlah 80 mahasiswa, sedangkan sampel diambil sebanyak 55 mahasiswa. Validitas angket menggunakan validitas konstruk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan korelasi product moment. Uji reliabilitas angket menggunakan cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan deskriptif persentase (DP). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Mahasiswa setuju dengan pernyataan tentang kompetensi pedagogik dosen dan pelaksanaan tugas dosen pembimbing mata kuliah pengajaran mikro adalah baik dengan hasil deskriptif persentase 66 % dan 65,64 %, 2) mahasiswa kurang setuju dengan pernyataan tentang kelengkapan fasilitas pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro dengan hasil deskriptif persentase 60,34 %, 3) mahasiswa setuju dengan pernyataan tentang pelaksanaan prosedur pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro adalah baik dengan hasil deskriptif persentase 75,52 %, 4) mahasiswa setuju dengan pernyataan tentang iklim kelas pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro berkualitas dengan hasil deskriptif persentase 77,14 %, 5) mahasiswa kurang setuju dengan pernyataan tentang itensitas atau frekuensi pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro adalah tinggi dengan hasil deskriptif persentase 56,36 %. Kata kunci: kualitas pembelajaran, mata kuliah pengajaran mikro, persepsi mahasiwa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 17 Sep 2015 16:24
    Last Modified: 17 Sep 2015 16:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19178

    Actions (login required)

    View Item