PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN ISTIRAHAT DAN TERUS MENERUS TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

LESTARI , SANTI DWI (2014) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN ISTIRAHAT DAN TERUS MENERUS TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1032Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh model pembelajaran dengan istirahat dan model pembelajaran dengan terus menerus terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014; (2)Model pembelajaran mana yang lebih baik pengaruhnya antara model pembelajaran dengan istirahat dan model pembelajaran dengan terus menerus terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 145 orang dalam 7 kelas, teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling, kemudian ditemukan sampel sejumlah 30 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kemampuan chest pass dalam permainan bola basket. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan chest pass dalam permainan bola basket dari Barry L. Johnson dan Jack K. Nelson (1986:278-279). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran dengan istirahat dan model pembelajaran dengan terus menerus terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014, dengan thitung = 3,661> ttabel = 2,145; (2) Model pembelajaran dengan terus menerus memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada model pembelajaran dengan istirahat terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014, dengan peningkatan model pembelajaran dengan terus-menerus = 12,87% > model pembelajaran dengan istirahat = 5,22%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran dengan istirahat dan model pembelajaran dengan terus menerus terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014; (2) Model pembelajaran dengan terus menerus memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada model pembelajaran dengan istirahat terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci: kemampuan chest pass, model pembelajaran dengan istirahat, model pembelajaran dengan terus menerus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 17 Sep 2015 07:47
    Last Modified: 17 Sep 2015 07:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19166

    Actions (login required)

    View Item