JARINGAN RELASI PERTEMANAN DALAM KETERLEKATAN RELASIONAL ANTAR PELAKU BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM) SOPHIE PARIS DI SUKOHARJO

Pudyastuti, Pudyastuti (2015) JARINGAN RELASI PERTEMANAN DALAM KETERLEKATAN RELASIONAL ANTAR PELAKU BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM) SOPHIE PARIS DI SUKOHARJO. Masters thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (412Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam jaringan relasi pertemanan dalam keterlekatan relasional antar pelaku bisnis Multi Level Marketing (MLM) Sophie Paris pada salah satu perwakilan BC di Sukoharjo, yaitu BC Sophie Paris Gunawan. Member serta konsumen yang tergabung di dalam jaringan MLM Sophie Paris BC Gunawan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan bisnis Sophie Paris bukan hanya ditentukan oleh jumlah pembelanjaan, tetapi juga karena faktor kedekatan secara personal dengan sesama member maupun konsumen. Kemudahan dalam transaksi pembelanjaan, peningkatan jenjang karir, serta insentif yang diterima bisa didapatkan oleh member ketika mereka mampu menjalin komunikasi serta hubungan yang intensif dengan konsumen, member, dan pemilik BC. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori Keterlekatan. Informan dalam penelitian ini meliputi pelaku bisnis jaringan MLM Sophie Paris yang terdiri konsumen serta berbagai tingkatan member, yaitu presiden, franchise, silver franchise, gold franchise, diamond franchise, executive franchise. Jumlah informan yang diambil berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesahihan data diperoleh melalui teknik triangulasi. Teknik cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive dengan jenis pendekatan sampling variasi maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlekatan yang berupa relasi pertemanan menjadi modal utama memperoleh kemudahan dalam menjalin relasi kerja, yaitu relasi antara member dan konsumen maupun relasi di antara para member (pemilik BC, upline, serta downline). Jalinan pertemanan yang terikat di antara para aktor berfungsi sebagai jalan untuk mempermudah akses bermacam barang/ sumber daya langka, seperti informasi, barang, dan pelayanan jasa, jembatan untuk memudahkan hubungan yang terjalin di antara para member maupun dengan konsumen, serta perekat dalam hubungan tersebut. Mereka yang telah memiliki jaringan besar memperoleh kemudahan dalam pencapaian target pembelanjaan melalui pembelanjaan konsumen dan grup yang ada di dalam jaringannya. Jumlah pembelanjaan serta besarnya jaringan yang dimiliki menentukan dalam perolehan bonus serta kemudahan dalam peningkatan jenjang karir yang dimiliki. Kata Kunci : Jaringan Relasi Pertemanan, Keterlekatan Relasional, Pelaku Bisnis, MLM Sophie Paris

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Sosiologi - S2
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 16 Sep 2015 23:26
    Last Modified: 16 Sep 2015 23:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19154

    Actions (login required)

    View Item