TINJAUAN KRIMINOLOGI DAN HUKUM PIDANA MENGENAI KEJAHATAN DALAM KEGIATAN ASURANSI (Studi Putusan Pengadilan Negeri Pangkalpinang Nomor: 86/Pid.B/2014/PN.Pkp.)

PUTRI , SEPTINA FADIA (2015) TINJAUAN KRIMINOLOGI DAN HUKUM PIDANA MENGENAI KEJAHATAN DALAM KEGIATAN ASURANSI (Studi Putusan Pengadilan Negeri Pangkalpinang Nomor: 86/Pid.B/2014/PN.Pkp.). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1241Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan tindak pidana perasuransian dalam Hukum Pidana dan Undang-Undang Asuransi, dan pertimbangan hukum oleh Hakim dalam tindak pidana perasuransian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum doktrinal bersifat preskriptif. Pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan undang- undang dan pendekatan analitis. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, dengan teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindak pidana perasuransian diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian dan Pasal 381-382 KUHP. Perbuatan yang termasuk dalam kategori kejahatan asuransi adalah menjalankan kegiatan usaha tanpa izin usaha; dengan sengaja memberikan laporan, informasi, data, dan/atau dokumen yang tidak benar, palsu, dan/atau menyesatkan; penggelapan premi dan kekayaan perusahaan asuransi; melakukan pemalsuan atas dokumen; menandatangani polis baru dari perusahaan asuransi yang sedang dalam pengenaan sanksi pembatasan kegiatan usaha; menggunakan atau mengungkapkan informasi apapun yang bersifat rahasia kepada pihak lain; kejahatan korporasi. Kemudian, sebab-sebab terjadinya kejahatan dalam kegiatan asuransi adalah karena adanya kebutuhan, kesempatan, dan keserakahan. Selanjutnya, perkara tindak pidana penggelapan premi asuransi dalam putusan nomor: 86/Pid.B/2014/PN.Pkp ini pertimbangan hukum oleh Hakim dalam tindak pidana perasuransian yang dilakukan pelaku sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Kata Kunci : Kejahatan Asuransi, Penggelapan, Pertimbangan Hukum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 16 Sep 2015 23:14
    Last Modified: 16 Sep 2015 23:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19151

    Actions (login required)

    View Item