PENINGKATAN PENGENALAN KONSEP GEJALA ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH KADIPIRO 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014

ROYANI, AYOM ESTU (2014) PENINGKATAN PENGENALAN KONSEP GEJALA ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH KADIPIRO 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (194Kb) | Preview

    Abstract

    Ayom Estu Royani. PENINGKATAN PENGENALAN KONSEP GEJALA ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH KADIPIRO 1 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan konsep gejala alam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta yang berjumlah 31 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan pengenalan konsep gejala alam pada anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta dari prasiklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum dapat memaksimalkan kemampuan anak mengenal konsep gejala alam. Peningkatan terjadi pada siklus I, begitu pula dengan siklus II. Hal ini terbukti pada hasil siklus I dan siklus II sebagai berikut: pada siklus I dari 31 anak, sebanyak 13 anak atau 51,61% mencapai nilai tuntas. Pada siklus II sebanyak 25 anak atau 80,65% mencapai nilai tuntas. Simpulan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan pengenalan konsep gejala alam pada anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta. Kata kunci: pengenalan konsep, gejala alam, metode eksperimen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 17 Sep 2015 00:18
    Last Modified: 17 Sep 2015 00:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19129

    Actions (login required)

    View Item