PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP HASIL KETRAMPILAN KETEPATAN LEMPARAN ATAS BOLA SOFTBALL EKSTRAKURIKULER SOFTBALL KELAS X SMK BHINA KARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mustofa, Fuad (2014) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP HASIL KETRAMPILAN KETEPATAN LEMPARAN ATAS BOLA SOFTBALL EKSTRAKURIKULER SOFTBALL KELAS X SMK BHINA KARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (268Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap terhadap peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ; (2) Pengaruh yang lebih baik pengaruhnya antara metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar yang berjumlah 30 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua populasi yaitu 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas.` Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran massed practice dan distributed practice meningkatkan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball dengan pembelajaran massed practice sebesar 29.054%. Sedangkan peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball dengan pembelajaran distributed practice 14.085%. Setelah melakukan penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) . Ada perbedaan pengaruh pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar tahun ajaran 2014/2015, dengan t hitung = 4,740 > ttabel = 2,145; (2) Metode pembelajaran massed practice lebih baik pengaruhnya dari pada latihan distributed practice terhadap kemampuan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X Smk Bhina Karya Karanganyar tahun ajaran 2014/2015, dengan peningkatan massed practice = 29.054%> ditributed practice = 14.085%. Kata kunci: ketepatan lemparan atas bola softballl, metode pembelajaran massed practice dan distributed practice.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 16 Sep 2015 16:07
    Last Modified: 16 Sep 2015 16:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19113

    Actions (login required)

    View Item