EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENJASKESREK TAHUN 2013 / 2014

SETYANINGRUM, RAY ADITYA (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENJASKESREK TAHUN 2013 / 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1156Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif dan untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih efektif antara model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar renang gaya bebas (crawl) mahasiswa semester II program studi penjaskesrek tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (PEK) yang dilaksanakan selama 10 pertemuan. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester II program studi penjaskesrek tahun 2013/2014 yang berjumlah 137 mahasiswa yang terdiri atas 67 mahasiswa pada kelas pagi dan 70 mahasiswa pada kelas siang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data meliputi uji reliabilitas, uji prasyarat analisis, uji regresi, dan uji anakova. Analisis statistik deskriptif didasarkan pada analisis observasi kegiatan mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif terhadap hasil belajar renang gaya bebas (carwl) dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis, menunjukan bahwa dengan menggunakan lembar observasi kegiatan mahasiswa, pembelajaran berada dalam kategori baik sekali sebesar 31,42%, pada kategori baik sebesar 68,57%. Jumlah mahasiswa pada kategori sangat baik adalah 22 mahasiswa dan pada kategori baik sebanyak 48 mahasiswa. Dalam pembelajaran konvensional tidak dapat dilaksanakan karena pembelajaran tidak terdesain dengan rinci sebagaimana pada kelompok eksperimen. Dilihat dari peningkatan hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ketuntasan belajar siswanya meningkat dari 54 menjadi 59 siswa, maka dapat dilihat bahwa peningkatan jumlah mahasiswa yang tuntas belajar adalah 5 mahasiswa atau bila dipersentase peningkatan jumlah mahasiswa yang tuntas adalah 7,14%, sedangkan untuk pembelajaran konvensional ketuntasan belajar mahasiswa meningkat dari 40 menjadi 44, maka dapat dilihat bahwa peningkatan jumlah mahasiswa yang tuntas belajar adalah 4 mahasiswa atau bila dipersentase peningkatan jumlah mahasiswa yang tuntas adalah 5,97%. Dari segi persentase ketuntasan hasil belajar renang gaya bebas (crawl) secara keseluruhan dapat dilihat bahwa untuk kelompok eksperimen adalah 84,28% sedangkan kelompok kontrol adalah 65,67%. Untuk persentase ketidak tuntasan kelompok eksperimen adalah 15,71% dan kelompok vii kontrol adalah 34,32%, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif untuk membelajarkan renang gaya bebas (crawl). Dari segi produk, perbandingan kemampuan renang gaya bebas (crawl), antara mahasiswa yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pada mahasiswa yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Dilihat dari rata-rata tes akhir mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 48.71 detik, sedangkan rata-rata tes akhir mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 54.24 detik. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar renang gaya bebas (crawl) dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif untuk pembelajaran renang gaya bebas (crawl) dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif terhadap hasil belajar renang gaya bebas (crawl) dari pada model pembelajaran konvensional pada mahasiswa semester II program studi penjaskesrek tahun 2013/2014. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Renang Gaya Bebas, Pendekatan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 16 Sep 2015 09:40
    Last Modified: 16 Sep 2015 09:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19107

    Actions (login required)

    View Item