PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Haris, Fuad (2015) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (840Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Guided DiscoveryLearning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain penelitian posttest only nonequivalent control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes meliputi soal uraian berpikir kritis, sedangkan metode non tes digunakan untukpengumpulan data sekunder meliputi metode dokumentasi dan metode observasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t dibantu SPSS versi 16. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan model guided discovery learning berpengaruh (Sig.0,000< 0,05) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 64,62 dan kelas kontrol sebesar 56,32. Kata kunci: guided discovery learning, kemampuan berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 16 Sep 2015 06:28
    Last Modified: 16 Sep 2015 06:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19093

    Actions (login required)

    View Item