PENGGUNAAN MODEL OPEN ENDED LEARNING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SELANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Pratiwi, Friesca Aster (2015) PENGGUNAAN MODEL OPEN ENDED LEARNING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SELANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (872Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia, (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang energi dan perubahannya pada siswa kelas IV SDN 3 Selang tahun ajaran 2014/2015, serta (3) mengetahui kendala dan solusi penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang energi dan perubahannya pada siswa kelas IV SDN 3 Selang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari 6 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Selang yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah: orientasi, penyajian masalah dengan multimedia, pengerjaan masalah secara individu, diskusi kelompok dengan multimedia, presentasi hasil diskusi dengan multimedia, dan penutup dengan multimedia. (2) penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang energi dan perubahannya pada siswa kelas IV SDN 3 Selang tahun ajaran 2014/2015, terbukti dari peningkatan proses dan hasil belajar. Proses pada siklus I 73,21%; siklus II 85,38%; dan siklus III 93,75%. Hasil belajar siswa pada siklus I 71,43%; siklus II 80,98%; dan siklus III 95%. (3) Kendala dalam penggunaan Open Ended Learning dengan multimedia antara lain: (a) guru kurang maksimal dalam mengondisikan kelas, (b) sebagian besar siswa tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi, (c) siswa kurang dapat memahami masalah yang diberikan oleh guru, (d) guru kurang dalam membimbing siswa ketika proses diskusi kelompok, dan (e) siswa tidak terlibat secara aktif dalam menyimpulkan materi. Solusi untuk kendala tersebut antara lain: (a) guru memberikan perhatian lebih pada siswa, (b) guru memberi peringatan kepada siswa yang ribut sendiri, (c) guru mengadakan pembimbingan yang lebih intensif, (d) guru berkeliling untuk membimbing setiap kelompok dalam berdiskusi, dan (e) guru memberikan penguatan agar siswa aktif dalam membuat kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model Open Ended Learning dengan multimedia yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang energi dan perubahannya pada siswa kelas IV SDN 3 Selang tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Model Open Ended Learning, Multimedia, Pembelajaran, IPA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 16 Sep 2015 05:39
    Last Modified: 16 Sep 2015 05:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19092

    Actions (login required)

    View Item