ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SURAT DINAS DI KANTOR DESA WIDORO KABUPATEN WONOGIRI 2014 SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

SARI, RATNA PUSPITA (2014) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SURAT DINAS DI KANTOR DESA WIDORO KABUPATEN WONOGIRI 2014 SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (791Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Jenis kesalahan berbahasa apa saja yang terjadi pada surat dinas di Kantor Desa Widoro Kabupaten Wonogiri. (2) Jenis kesalahan berbahasa yang sering terjadi pada surat dinas di Kantor Desa Widoro Kabupaten Wonogiri. (3) Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan berbahasa pada surat dinas di Kantor Desa Widoro Kabupaten Wonogiri. (4) Upaya mengatasi kesalahan berbahasa pada surat dinas di Kantor Desa Widoro Kabupaten Wonogiri. (5) Kesesuaian hasil analisis kesalahan berbahasa pada surat dinas di Kantor Desa Widoro Kabupaten Wonogiri sebagai materi ajar menulis surat di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari 27 surat dinas di Kantor Kelurahan Widoro. Teknik sampling yang digunakan, yaitu purposive sampling. Objek penelitian ini adalah analisis kesalahan berbahasa pada surat dinas di Kantor Desa Widoro. Teknik pengumpulan data adalah analisis dokumen dan wawancara mendalam. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Adapun analisis data menggunakan model analisis mengalir. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa ditemukan kesalahan berbahasa pada tataran sintaksis, semantik, dan ejaan. Kesalahan yang sering terjadi yaitu kesalahan penggunaan ejaan. Kesalahan pada surat dinas terjadi karena Sekretaris dan Kaur kurang memperhatikan tata cara penulisan surat yang baik dan benar, dengan demikian akan diadakan pendalaman dan penyuluhan mengenai tata tulis yang baik dan benar. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai materi ajar menulis surat bahasa Indonesia pada kelas XII Sekolah Menengah Atas. Simpulan penelitian ini adalah setiap orang wajib mengetahui tata tulis yang baik dan benar, sehingga dalam melakukan kegiatan menulis tidak mengalami kesulitan bahkan tidak mengakibatkan kesalahan. Kata Kunci: analisis kesalahan berbahasa, surat dinas, pembelajaran bahasa Indonesia, bahan ajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 15 Sep 2015 21:21
    Last Modified: 15 Sep 2015 21:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19072

    Actions (login required)

    View Item