ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEUANGAN, FAKTOR NON KEUANGAN, DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PEMBERIAN OPINI GOING CONCERN

PUSPITASARI, VINA (2015) ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEUANGAN, FAKTOR NON KEUANGAN, DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PEMBERIAN OPINI GOING CONCERN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (287Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor keuangan, faktor non keuangan, dan tata kelola perusahaan terhadap pemberian opini going concern oleh auditor. Faktor keuangan yang diuji pada penelitian ini adalah rasio arus kas dan rasio leverage. Faktor non keuangan yang diuji adalah audit lag dan auditor client tenure. Faktor tata kelola perusahaan yang diuji adalah kepemilikan manajerial dan aktivitas komite audit. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 42 perusahaan selama tiga tahun yaitu dari tahun 2010 sampai dengan 2012. Sampel diambil dari perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan metode purposive sampling. Analisis regresi logistik menunjukkan bahwa rasio leverage berpengaruh terhadap pemberian opini going concern. Sedangkan rasio arus kas, audit lag, auditor client tenure, kepemilikan manajerial, dan aktivitas komite audit tidak berpengaruh terhadap pemberian opini going concern. Kata kunci: opini going concern, faktor keuangan, faktor non keuangan, tata kelola perusahaan, rasio arus kas, rasio leverage, audit lag, auditor client tenure, kepemilikan manajerial, aktivitas komite audit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 15 Sep 2015 15:05
    Last Modified: 15 Sep 2015 15:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19055

    Actions (login required)

    View Item