PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY INTELLIGENCE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015

ZAEN, ANNISA FADLIA (2015) PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY INTELLIGENCE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (354Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan psikodrama dalam meningkatkan adversity intelligence pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimen (quasi-eksperimen design) dengan rancangan non-equivalen pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar yang memiliki adversity intelligence rendah. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang untuk kelompok kontrol. Tenik pengumpulan data menggunakan angket, yaitu angket adversity intelligence yang disusun dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh stoltz (2003) yaitu control, ownership, reach, dan endurance. Pelatihan untuk meningkatkan adversity intelligence menggunakan teknik psikodrama dengan pelaksanaan pelatihan selama tiga kali pertemuan. Analisis data menggunakan teknik statistic non parametrik dengan uji wilcoxon dan man whitney u menggunakan bantuan spss. 16. Hasil analisis diketahui bahwa ℎ – 4.184 lebih besar dari - 1.96 dengan nilai signifikansi 0.000. Hal tersebut menunjukkan bahwa psikodrama efektif untuk meningkatkan adversity intelligence pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar. Kata kunci : Adversity Intelligence, Psikodrama, Madrasah Aliyah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 15 Sep 2015 12:36
    Last Modified: 15 Sep 2015 12:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19036

    Actions (login required)

    View Item