PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN PERINGKAT OBLIGASI TERHADAP YIELD OBLIGASI (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI 2009-2013)

PARYANTI, ANIS (2015) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN PERINGKAT OBLIGASI TERHADAP YIELD OBLIGASI (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI 2009-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (474Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance yang diproksikan dengan (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit) dan peringkat obligasi terhadap yield obligasi. Sampel penelitian ini pada perusahaan yang obligasinya masih aktif beredar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan diperingkat oleh PT. Pefindo pada tahun 2009-2013, diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling, diperoleh 82 perusahaan sebagai sampel. Tehnik analisis data yang digunakan adalah model persamaan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) kepemilikan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap yield obligasi, 2) kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap yield obligasi, 3) komisaris independen berpengaruh negatif signifikan terhadap yield obligasi, 4) komite audit tidak berpengaruh terhadap yield obligasi, 5) peringkat obligasi berpengaruh negatif signifikan terhadap yield obligasi. Studi ini memiliki beberapa keterbatasan yang meliputi jumlah sampel, obyek pengamatan pada obligasi yang masuk dalam kategori investment grade, penggunaan proksi dari variabel corporate governance. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini. Kata kunci : corporate governance, peringkat obligasi, yield obligasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 15 Sep 2015 12:24
    Last Modified: 15 Sep 2015 12:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19032

    Actions (login required)

    View Item